KARAKTERISTIK DAN MEKANISME KOPING ORANG TUA ANAK USIA SEKOLAH SELAMA PEMBELAJARAN DARING DI SD 10 KOTA PALU
DOI:
https://doi.org/10.22487/htj.v10i1.1093Keywords:
Adaptif, Maladaptif, Orangtua, DaringAbstract
Pembelajaran daring membuat beberapa orang tua stress dan sulit beradaptasi. Tujuan penelitian untuk mengidentifkasi hubungan karakteristik dan mekanisme koping orang tua anak usia sekolah di SD Negeri 10 Palu. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif analitik dengan desain cross sectional. Semua populasi menjadi sampel sebanyak 30 responden. Alat ukur yang digunakan adalah kuesioner google form. Penelitian dilaksanakan bulan Mei 2021 dilakukan secara online. Uji statistik adalah uji Fisher, tingkat kemaknaan 95% (p value < 0,05). Hasil penelitian adalah sebagian besar jenis kelamin perempuan (76,67%), pendidikan SMA (63,33%), golongan umur dewasa akhir (66,67%), koping adaptif (66,67%). Tidak terdapat hubungan bermakna antara karakteristik dan mekanimse koping orangtua anak usia sekolah selama pembelajaran daring (p value > 0,05). Diharapkan orang tua yang masih menggunakan koping maladaptif untuk menerima situasi dan kondisi dengan pikiran yang jernih, sabar, berusaha memahami materi pelajaran anak saat mendampingi anak belajar secara daring/online dan program kesehatan sekolah perlu melakukan pembinaan pada keluarga yang koping tidak efektif
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Healthy Tadulako Journal (Jurnal Kesehatan Tadulako)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.