HUBUNGAN TINGKAT STRESS, KUALITAS TIDUR, DAN PRESTASI AKADEMIK MAHASISWA FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS HKBP NOMMENSEN

Authors

  • Jenny Novina Sitepu Fakultas Kedokteran Universitas HKBP Nommensen

DOI:

https://doi.org/10.22487/htj.v10i3.1129

Keywords:

Tingkat stress, kualitas tidur, prestasi akademik

Abstract

ABSTRAK

Latar belakang: Performa tubuh dan kognitif seseorang akan menurun dengan penurunan kualitas tidur. Kualitas tidur dipengaruhi oleh beberapa faktor, salah satunya adalah stress. Mahasiswa Fakultas Kedokteran merupakan kelompok yang rentan stress karena beban akademik yang banyak. Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk menilai apakah tingkat stress dan kualitas tidur berhubungan dengan prestasi akademik mahasiswa. Metode: Penelitian ini merupakan penelitian analitik dengan metode sross sectional pada 214 mahasiswa FK UHN yang memenuhi kriteria. Tingkat stress dinilai dengan kuesioner Kessler Psychological Distress Scale (K10), kualitas tidur dinilai dengan kuesioner Pittsburgh Sleep Quality Index (PSQI), dan prestasi akademik dinilai dengan nilai ujian blok. Hasil: Hasil penelitian menunjukkan paling banyak mahasiswa termasuk kategori tidak stress (43,9%), namun 15,9% mahasiswa mengalami stress berat. Lebih dari setengah (66,8%) mahasiswa FK UHN memiliki kualitas tidur buruk, dan paling banyak memiliki prestasi cukup (43,5%). Hasil uji chi-square menunjukkan tingkat stress berhubungan dengan kualitas tidur (p= 0,006), namun tingkat stress tidak berhubungan dengan dengan prestasi akademik (p= 0,053). Kualitas tidur didapatkan tidak berhubungan dengan prestasi akademik (p= 0,855). Kesimpulan: Tingkat stress berhubungan dengan kualitas tidur, namun baik tingkat stress maupun kualitas tidur tidak berhubungan dengan prestasi akademik mahasiswa Fakultas Kedokteran.

Downloads

Published

2024-07-24

How to Cite

Sitepu, J. N. (2024). HUBUNGAN TINGKAT STRESS, KUALITAS TIDUR, DAN PRESTASI AKADEMIK MAHASISWA FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS HKBP NOMMENSEN. Healthy Tadulako Journal (Jurnal Kesehatan Tadulako), 10(3), 336-342. https://doi.org/10.22487/htj.v10i3.1129

Issue

Section

Articles