ANALISIS PENGGUNAAN APLIKASI PRIMARY CARE (P-CARE) TERHADAP KEPUASAN PASIEN JAMINAN KESEHATAN NASIONAL DI KLINIK PRATAMA MARGA AYU

Authors

  • Rai Riska Resty Wasita Universitas Dhyana Pura
  • Agus Donny Susanto Program Studi Perekam dan Informasi Kesehatan, Universitas Dhyana Pura, Bali
  • I Wayan Nurata Program Studi Perekam dan Informasi Kesehatan, Universitas Dhyana Pura, Bali
  • Yogi Desita Suwari Program Studi Perekam dan Informasi Kesehatan, Universitas Dhyana Pura, Bali
  • I Made Juliarta Suputra Program Studi Perekam dan Informasi Kesehatan, Universitas Dhyana Pura, Bali
  • Ni Luh Gede Syntha Pratiwi Program Studi Perekam dan Informasi Kesehatan, Universitas Dhyana Pura, Bali

DOI:

https://doi.org/10.22487/htj.v10i3.1185

Keywords:

i-Care, kepuasan pengguna JKN, EUCS

Abstract

Klinik  Pratama Marga Ayu telah bekerja sama dengan BPJS Kesehatan dalam melayani pasien dengan rata-rata kunjungan pasien JKN sepanjang Bulan April sampai Agustus 2023 sebanyak 123 orang per bulan. Klinik Marga Ayu telah menerapakan P-Care sejak tahun 2014 dan selama menggunakan aplikasi ini belum pernah dilakukan evaluasi guna mencari tingkat kepuasan peserta JKN pengguna P-Care. Tujuan penelitian untuk menganalisis penggunaan aplikasi Primary Care (P-Care) terhadap kepuasan pasien Jaminan Kesehatan Nasional di Klinik Marga Ayu. Penelitian ini merupakan penelitian analitik kuantitatif dengan pendekatan cross sectional yang pemilihan sampelnya dilakukan dengan role of thumb sebanyak 50 peserta JKN yang menggunakan P-Care dan menerima pengobatan di Klinik Marga Ayu. Pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan kuesioner pada 50 responden dengan mengacu pada metode EUCS pertanyaan yang dibagi menjadi 5 kategori, yaitu: content, accuracy, format, ease of use, timeliness dan user satisfaction. Uji analisis menggunakan uji Rank Spearman untuk megetahui korelasi penggunaan aplikasi Primary Care (P-Care) terhadap kepuasan pasien Jaminan Kesehatan Nasional di Klinik Marga Ayu.   Hasil penelitian menunjukkan terdapat hubungan yang signifikan, bernilai positif dan kuat antara content (0,008<0,005), format (0,000<0,005), ease of use (0,013<0,005), timeliness (0,003<0,005) terhadap kepuasan pengguna P-Care. Namun variable accuracy tidak berhubungan dengan kepuasan dengan nilai sig 0,434(>0,005).

References

Bawardi, F. S., Rachmadi, A., & Wardani, N. H. (2019). Analisis Kepuasan Pengguna Aplikasi Driver Ojek Online Menggunakan Metode End User Computing Satisfaction (EUCS) (Studi Kasus: PT. XYZ). Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 3(8), 2548–2964. http://j-ptiik.ub.ac.id

Darwati, L., & Fitriyani. (2022). Analisis Pengukuran Tingkat Kepuasan Pengguna Aplikasi OVO Menggunakan Metode End User Computing Satisfaction (EUACS). Jurnal UMJ, 12(2), 34–42. https://jurnal.umj.ac.id/index.php/just-it/index

Kemenkes RI. (2013). Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 71 Tahun 2013 Tentang Pelayanan Kesehatan Pada Jaminan Kesehatan Nasional. Kemenkes RI 2013.

Kurniasih, I., & Pibriana, D. (2021). Pengaruh Kepuasan Pengguna Aplikasi Belanja Online Berbasis Mobile Menggunakan Metode EUCS. Jurnal Teknik Informatika Dan Sistem Informasi, 8(1), 181–198.

Mandasari, I. A. C. S., & Giantari, I. G. A. K. (2017). Pengaruh Perceived Usefulness, Perceived Ease Of Use, Dan Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Untuk Membangun Loyalitas. E-Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Universitas Udayana, 10(6), 3637–3664.

Mayatopani, H., Handayani, N., & Ramadhan, Y. E. (2020). Analisis Sistem Informasi Pendataan Rekam Medis Pasien Pengguna BPJS Pada Klink Rohmatan Nur Al Amim. JIKA, 2722–2713.

Prasetyowati, A., & Kushartanti, R. (2018). User Satisfaction Analysis of Primary Care Information Systems in Semarang City with EUCS Model. Unnes Journal of Public Health, 7(2). http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/ujph

Prayoga, S. H., & Sensuse, D. I. (2020). Analisis Usability Pada Aplikasi Berbasis Web Dengan Mnegadopsi Model Kepuasan Pengguna (User Satisfaction). Journal of Information Systems, 6(1), 70–80.

Rahayu, E. F. (2022). Analisis Tingkat Kepuasan Pengguna Aplikasi UG In Your Hand Dengan Metode End User Computing Satisfaction (EUCS). 6(2), 213–226.

Sandy, E., & Firdausy, C. M. (2021). Pengaruh Perceived Usefulness, Perceived Ease of Use dan Trust terhadap Minat Konsumen dalam Penggunaan Ulang Go-Pay di Kota Jakarta. Jurnal Manajemen Bisnis Dan Kewirausahaan, 5(1), 22–27. https://doi.org/10.24912/jmbk.v5i1.10275

Saptonadi, C. F. N. A., Herlambang, A. D., & Wijoyo, S. H. (2018). Kualitas dan Kesuksesan Implementasi Sistem Informasi Kesehatan dengan Menggunakan Model Unified Theory of Acceptance and Use of Technology dan Model Delone and Mclean. Junal Pegembangan Teknologi Informasi Dan Imlu Komputer, 2(12), 6386–6390. http://j-ptiik.ub.ac.id

Sugandi, M. A., & Halim, R. M. N. (2020). Analis End-User Computing Satisfaction (EUCS) Pada Aplikasi Mobile Universitas Bina Darma. Jurnal Sistem Informasi, 9(1), 2302–8149.

Suzanto, B., & Sidharta, I. (2015). Pengukuran End-User Computing Satisfaction Atas Penggunaan Sistem Informasi AkademiK. Jurnal Ekonomi, Bisnis & Entrepreneurship, 9(1), 16–28.

Downloads

Published

2024-07-24

How to Cite

Wasita, R. R. R., Susanto, A. D. ., Nurata, I. W. ., Suwari, Y. D. ., Suputra, I. M. J. ., & Pratiwi, N. L. G. S. (2024). ANALISIS PENGGUNAAN APLIKASI PRIMARY CARE (P-CARE) TERHADAP KEPUASAN PASIEN JAMINAN KESEHATAN NASIONAL DI KLINIK PRATAMA MARGA AYU. Healthy Tadulako Journal (Jurnal Kesehatan Tadulako), 10(3), 353-360. https://doi.org/10.22487/htj.v10i3.1185

Issue

Section

Articles