HUBUNGAN PERUBAHAN POLA BELAJAR TERHADAP STRES DAN PRESTASI AKADEMIK PADA MASA PANDEMI COVID-19
DOI:
https://doi.org/10.22487/htj.v8i1.486Keywords:
Pola belajar, stres, prestasi akademik, COVID-19Abstract
Di bidang pendidikan kedokteran, pola belajar yang diterapkan pada saat ini berpotensi menimbulkan stres pada mahasiswa. Fakultas Kedokteran di Indonesia menganut cara pembelajaran berbasis masalah (problem-based learning) yang terpusat pada mahasiswa (student-centered learning). Proses pembelajaran yang terpusat pada mahasiswa dalam kegiatan belajar dan mengajar tersebut, bila tidak dikelola dengan tepat akan mengakibatkan stres berlebih yang pada akhirnya memengaruhi kemampuan belajar dan prestasi akademik mahasiswa. Karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mempelajari apakah terdapat perubahan yang berarti pada pola belajar dan hubungannya terhadap stres serta prestasi akademik pada mahasiswa kedokteran. Dilakukan penelitian cross-sectional terhadap 193 mahasiswa/i fakultas kedokteran Universitas Prima Indonesia. Adapun parameter yang diukur dalam penelitian ini meliputi: pola belajar, tingkat stres, prestasi akademik dan hubungan antara perubahan pola belajar, stres dan prestasi akademik. Penelitian ini menggunakan metode analisis uji korelasi Pearson dan mendapati hasil bahwa 184 dari 193 orang mahasiswa/i fakultas kedokteran Universitas Prima Indonesia memiliki tingkat stres normal, 167 mahasiswa/i merasakan terdapat perubahan pola belajar selama berkuliah daring dan ditemukan hubungan yang signifikan antara tingkat stres dan pola belajar strategi deep serta stres dan prestasi akademik. Dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan antara perubahan pola belajar strategi deep dengan stres dan stres dengan prestasi akademik mahasiswa/i Universitas Prima Indonesia.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Healthy Tadulako Journal (Jurnal Kesehatan Tadulako)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.