MELENA ec GASTROPATHY NSAID

Authors

  • Mardatillah Wiranata
  • Mardatillah Wiranata

Keywords:

Melena, Perdarahan Saluran Cerna Atas, Gastropati, NSAID.

Abstract

Pendahulan : Melena adalah kondisi terjadinya perubahan feses yang lengket dan hitam seperti aspal (ter) dengan bau khas, yang menunjukkan perdarahan SCBA (Saluran Cerna Bagian Atas), serta dicernanya darah pada usus halus. Salah satu penyebab melena berasal dari kelainan esofagus, gaster dan duodenum

yang diakibatkan dari penggunaan NSAID jangka panjang.
Kasus : Pasien laki-laki masuk Rumah Sakit dengan keluhan BAB (Buang Air Besar) berwarna hitam dengan volume ±50cc berbau amis dialami sejak 1 minggu SMRS (Sebelum Masuk Rumah Sakit), disertai dengan nyeri ulu hati ± 3 minggu dirasakan seperti tertusuk tusuk, mual, muntah dengan frekuensi 3x berwarna kuning. Pasien terlihat pucat. Pasien sering mengkonsumsi obat NSAID untuk mengurangi nyeri sendi yang diderita. Terapi yang sudah diberikan obat golongan PPI yaitu omeprazole, asam traneksamat yang merupakan golongan obat anti-fibrinolitik membantu menghentikan perdarahan. Sucralfat syrup diberikan sebagai gastroprotektif.
Kesimpulan : Melena merupakan perdarahan tersering dari saluran cerna bagian atas. Salah satu penyebab melena adalah efek samping dari penggunaan jangka panjang NSAID. Gastrointestinal side effect akibat NSAID dapat berupa, ulkus peptikum dan perdarahan saluran cerna, dan perforasi.

Published

2021-07-06

Issue

Section

Articles