FAKTOR–FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN MOTIVASI BELAJAR PADA SISWA PERAWAT PASKA PANDEMI COVID 19

Authors

  • Adi Gunawan Universitas Harapan Bangsa
  • Wasis Eko Kurniawan Program Studi Keperawatan Program Sarjana Fakultas Kesehatan Universitas Harapan Bangsa
  • Adiratna Sekar Siwi Universitas Harapan Bangsa

DOI:

https://doi.org/10.22487/htj.v10i2.1046

Keywords:

COVID, Motivasi Belajar, Sekolah Informal

Abstract

Pandemi Covid mengakibatkan perubahan kehidupan dalam banyak aspek, termasuk di dalamnya adalah bidang pendidikan. Pemerintah mengeluarkan kebijakan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) / sistem daring untuk mencegah penularan penyakit covid-19. PJJ memang membantu mengurangi pasien terdampak Corona, namun juga menimbulkan dampak negatif seperti munculnya rasa bosan, jaringan internet yang kurang merata, dan turunnya motivasi belajar siswa paska pandemi, banyak siswa di LPK Yasui Abadi yang mengundurkan diri pada awal pembelajaran dikarenakan munculnya gejala/ fenomena menurunnya semangat belajar siswa. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang berhubungan dengan motivasi belajar, seperti faktor fisiologis, psikologis, lingkungan sosial dan non sosial. Metode penelitian ini adalah kuantitatif deskriptif dengan pendekatan korelasional. Teknik sampling yang digunakan yaitu random sampling sebanyak 38 siswa perawat. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu angket/kuesioner. Analisis data penelitian menggunakan analisis univariat dan analisis bivariat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak ada hubungan (sangat lemah) antara kondisi fisiologis dan psikologis dengan motivasi belajar dengan nilai sig. 0,226 dan 0,509. Faktor lingkungan sosial dan non sosial memiliki hubungan (sedang) dengan motivasi belajar dengan keduanya memiliki p value 0,000 dan nilai korelasi sebesar 0,577 dan 0,550.

References

Syah RH. Dampak Covid-19 pada Pendidikan di Indonesia: Sekolah, Keterampilan, dan Proses Pembelajaran. SALAM J Sos dan Budaya Syar-i. 2020;7(5). doi:10.15408/sjsbs.v7i5.15314

Rohmah SN, Maulidiyawati VN, Islam UI, et al. Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Pendidikan, Peribadatan Dan Perilaku Masyarakat; Studi Kasus Desa Jumputrejo, Kecamatan Sukodono, Kabupaten Sidoarjo. SALAM J Sos dan Budaya Syar-i. 2021;8(5):1627-1638. doi:10.15408/sjsbs.v8i6.23344

Suswandari M, Putri INM, Hastowo D, Lestari HA. Dampak Pembelajaran Daring dalam Motivasi Belajar dan Tingkat Stres Akademik Selama Pandemi Covid-19. J Pendidik. 2022;31(1):83. doi:10.32585/jp.v31i1.2135

Cahyani A, Listiana ID, Larasati SPD. Motivasi Belajar Siswa SMA pada Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19. IQ (Ilmu Al-qur’an) J Pendidik Islam. 2020;3(01):123-140. doi:10.37542/iq.v3i01.57

Slameitoi. Beilajar Dan Faktoir-Faktoir Yang Meimpeingaruhinya. Rineka Cipta; 2017.

Widyaneisti P, Seityawan, Khasanah, Astuti. Menjadi Guru Profesional Dan Inovatif Dalam Menghadapi Pandemi (Antologi Esai Mahasiswa Peindidikan Matematika). UAD Preiss; 2021.

Sudirno D, Nurvianti DV. Konflik peran dan kelelahan emosional pengaruhnya terhadap kinerja dosen pada universitas majalengka. J Univ Majalengka. 2015;2. https://jurnal.unma.ac.id/index.php/mk/article/view/276/259

Fitriana, Kurniawan WE, Rahmawati AN. Gambaran Motivasi Belajar Siswa Pada Pembelajaran Daring di SMKMa’arif NU1 Ajibarang. J Kesehat. 2023;16(02):125-129. doi:10.35960/vm.v16i2.890

Noiviana E. Tingkat Kepercayaan Diri Siswa Kelas VIII SMP PGRI 1 Ciawi. Universitas Negeri Jakarta; 2018.

Djamarah SB. Psikologi Pembelajaran. Rineka Cipta; 2017.

Retnowati S, Widiana HS. Peran Orangtua Terhadap Pendampingan Belajar Anak Dari Rumah Pada Masa Pandemi Covid-19. Heal Tadulako J (Jurnal Kesehat Tadulako). 2021;7(2):94-99. doi:10.22487/htj.v7i2.179

Demak IPK, Gemilang AP, Hutasoit GA. Hubungan Motivasi Berpretasi Terhadap Prestasi Akademik Mahasiswa Kedokteran Universitas Tadulako. J Kesehat Tadulak. 2019;5(2):1-71.

Anggrayni Y. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Belajar Siswa Dalam Mengikuti Pelajaran Pengawetan Di SMK Negeri 1 Pandak, Bantul. Universitas Negeri Yogyakarta; 2011.

Idola S, Sano A. Hubungan antara Persepsi Siswa tentang Keadaan Lingkungan Fisik Sekolah dengan Motivasi Belajar. J Pendidik Indones. 20116;2(2):30-34. http://jurnal.iicet.org

Astuti L, Marleni L, Aini L. Tingkat Stres Terhadap Motivasi Belajar Di Masa Pandemi Corona Virus Disease 19 (Covid 19) Pada Mahasiswa Keperawatan Stik Siti Khadijah Palembang. Heal Tadulako J (Jurnal Kesehat Tadulako). 2021;7(2):68-74. doi:10.22487/htj.v7i2.64

Trilia. Hubungan Pemenuhan Kebutuhan Dasar Berdasarkan Hirarki Maslow Dengan Motivasi Belajar Siswa SMA. J Ilm Multi Sci Kesehat. 2018;9(3). doi:10.36729/bi.v9i3.147

Syardiansah. Hubungan motivasi belajar dan minat belajar terhadap prestasi belajar mahasiswa mata kuliah pengaturan manajemen. Manaj dan Keuang. 2016;5(1):243.

Saroni M. Lingkungan Sekolah Dan Pengembangannya. Rajagrafindo Persada; 2006.

Downloads

Published

2024-04-30

How to Cite

Adi Gunawan, Kurniawan, W. E. ., & Adiratna Sekar Siwi. (2024). FAKTOR–FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN MOTIVASI BELAJAR PADA SISWA PERAWAT PASKA PANDEMI COVID 19. Healthy Tadulako Journal (Jurnal Kesehatan Tadulako), 10(2), 195-204. https://doi.org/10.22487/htj.v10i2.1046

Issue

Section

Articles