HUBUNGAN PENEMPATAN KERJA DENGAN KINERJA PEGAWAI DI PUSKESMAS BANGKIR KECAMATAN DAMPAL SELATAN KABUPATEN TOLITOLI

Authors

  • Dery Satriawan Bagian Administrasi dan Kebijakan Kesehatan, FKM, Untad
  • Jamaluddin Sakung Bagian Kimia, FKIP, Universitas Tadulako
  • Sudirman Sudirman Bagian Administrasi dan Kebijakan Kesehatan, FKM, Universitas Muhammadiyah Palu

DOI:

https://doi.org/10.22487/htj.v5i1.108

Keywords:

Kinerja, Pengetahuan, Kemampuan

Abstract

Kinerja pegawai merupakan hasil kerja secara kualitas dan kuantitas yang dicapai oleh seseorang dalam suatu organisasi. Terutama kinerja pegawai yang bekerja di instansi kesehatan yang menyangkut pelayanan kesehatan masyarakat Faktor-faktor yang mempengaruhi kinerja pegawai yaitu faktor kualitas dan kuantitas kerja pegawai dan faktor lingkungan organisasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan penempatan kerja dengan kinerja pegawai di Bangkir Kecamatan Dampal Selatan Kabupaten Tolitoli. Jenis penelitian ini adalah jenis penelitian analitik dengan menggunakan pendekatan Cross Sectional Study dimana data yang menyangkut data variabel independen dan variabel dependen akan dikumpulkan dalam waktu yang bersamaan. Jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 53 pegawai yang merupakan jumlah keseluruhan dari populasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan yang bermakna antara pengetahuan dan kemampuan dengan kinerja pegawai di Puskesmas Bangkir Kecamatan Dampal Selatan Kabupaten Tolitoli dengan nilai p < 0.05 (Pengetahuan (0.000) dan Kemampuan (0.000). Diharapkan bagi pihak instansi terkait Puskesmas Bangkir Kecamatan Dampal Selatan Kabupaten Tolitoli diharapkan mampu meningkatkan kinerja pegawai agar pelayanan kesehatan masyarakat di Puskesmas Bangkir lebih baik.

Author Biographies

Dery Satriawan, Bagian Administrasi dan Kebijakan Kesehatan, FKM, Untad

FKM, Untad

Jamaluddin Sakung, Bagian Kimia, FKIP, Universitas Tadulako

FKIP, Universitas Tadulako

Sudirman Sudirman, Bagian Administrasi dan Kebijakan Kesehatan, FKM, Universitas Muhammadiyah Palu

FKM, Universitas Muhammadiyah Palu

References

Anita J. 2013. Pengaruh Penempatan Kerja dan Beban Kerja Terhadap Motivasi Kerja dan Dampaknya Pada Prestasi Kerja Pegawai Dinas Tenaga Kerja dan Mobilitas Penduduk Aceh. Jurnal Manajemen Vol.1, No.2, November 2013.

Hamzah, 2010. Manajemen Personalia dan Sumber Daya Manusia. BPFE, Yogyakarta.

Sumaryadi, 2011. Manajemen Sumber Daya Manusia. Binarupa. Jakarta.

Runtuwene Patricia, 2016. Pengaruh Penempatan Kerja, Mutasi dan Beban Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Pada PT. Bank Sulutgo Manado. Jurnal Berkala Ilmiah Efesiensi. Vol. 2, No. 2

Hasibuan, 2012. Manajemen Sumber Daya Manusia Edisi Revisi. Bumi Aksara. Jakarta.

Widyastuti, Fani. 2015. Pengaruh Penempatan Karyawan Terhadap Kinerja Karyawan di PDAM Tirta Kahuripan Kabupaten Bogor. Jurnal Manajamen Fakultas Ekonomi Unversitas Islam Bandung. Vol. 1, No. 2

Riyadi, 2010. Kualitas Sumber Daya Manusia. Golden Terayon Press. Jakarta.

Grace Yunita (2012) Skripsi “Hubungan penempatan kerja dan kemampuan kerja terhadap kinerja petugas kesehatan di Puskemas Tungoi Kecamatan Lolayan Kota Manado”. Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Sam Ratulangi Manado. Manado.

Tiara, 2011. Manajemen Sumber Daya Manusia: Konsep, Teori, dan Pengem-bangan dalam Konteks Organisasi Publik. Graha Ilmu. Yogyakarta.

Sedarmayanti, Fitriani. 2011. Manajemen dan Sumber Daya Manusia Dalam Dunia Kerja. Jakarta : Elex Media Komputindo.

Yamin, M. 2016. Data Porfil Puskesmas Bangkir Kecamatan Dampal Selatan Kabupaten Tolitoli. Tolitoli.

Notoatmodjo, 2012. Metodologi Penelitan. Rhineka Cipta. Jakarta.

Rusli, S. 2008. Analisis Pengaruh Penem-patan Pegawai Berbasis Kompetensi terhadap Kinerja Pegawai (Studi Kasus Dinas Perhubungan Pemkab Bogor). Skripsi.

Hamyatri, 2012. Faktor-faktor yang mempe-ngaruhi kinerja dosen dalam pelaksanaan proses pembelajaran di akademi kepera-watan Sapta karya Palembang. Jurnal Administrasi Publik. Vol 2. No. 2 Hal. 65.

Rudianto, 2011. Pengaruh Pengetahuan, Keterampilan dan Sikap Terhadap Kinerja Perawat Dalam Penatalaksanaan Kasus Flu Burung Di RSUP H. Adam Malik.

Sunarto, 2012. Pengaruh Rekrutmen, Penempatan, dan Pengembangan Karir Terhadap Kepuasan Kerja Pegawai (studi pada PT. Taman Wisata Candi Borobudur Prambanan Ratu Boko). Jurnal Manajemen Bisnis dan Publik, 1(1): h:17-30.

Winardoyo, 2011. Pengaruh Pengalaman Kerja dan Penempatan Kerja terhadap Kinerja Karyawan pada PT. Paloma Citra International Surakarta. Jurnal Mitra Ekonomi dan Manajemen Bisnis. Vol. 2, No. 2.

Anggraeni, 2013. Pengaruh Penempatan Pegawai Terhadap Kinerja (Studi pada Pegawai Sekretariat Daerah Kabupaten Gresik) Jurnal Administrasi Publik. Universitas Brawijaya. Malang. Vol. No. 5

Bina Artika, 2011. Hubungan Pengetahuan, Sikap dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Pegawai Di Kantor Kecamatan Kedungwuni Kabupaten Pekalongan. Skripsi. Adminis-trasi Publik Ilmu Sosial dan Politik. UnDip. Surabaya.

Downloads

Published

2020-12-05

How to Cite

Satriawan, D. ., Sakung, J. ., & Sudirman, S. (2020). HUBUNGAN PENEMPATAN KERJA DENGAN KINERJA PEGAWAI DI PUSKESMAS BANGKIR KECAMATAN DAMPAL SELATAN KABUPATEN TOLITOLI. Healthy Tadulako Journal (Jurnal Kesehatan Tadulako), 5(1), 19-25. https://doi.org/10.22487/htj.v5i1.108

Issue

Section

Articles