PENGARUH MUTU PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PASIEN UNIT RAWAT JALAN DI RUMAH SAKIT : LITERATUR REVIEW
DOI:
https://doi.org/10.22487/htj.v10i4.1213Keywords:
Kepuasan pasien, Mutu Pelayanan, Rawat Jalan RSAbstract
Latar Belakang: Kepuasan pasien sangat penting untuk memastikan layanan rawat jalan di rumah sakit memberikan kualitas terbaik. Mutu pelayanan kesehatan merupakan tolok ukur keberhasilan dalam mengukur kesempurnaan pelayanan kesehatan. Rumah sakit menawarkan berbagai layanan, termasuk rawat jalan, di mana pasien dapat memperoleh diagnosis dan memulai rehabilitasi tanpa harus dirawat inap. Tujuan: Tujuan studi literatur ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh mutu pelayanan rumah sakit terhadap kepuasan pasien rawat jalan. Metode: Metode yang digunakan adalah narrative literature review terhadap artikel jurnal dalam 5 tahun terakhir, yaitu antara tahun 2018 sampai 2023. Sumber artikel berasal dari jurnal nasional dan internasional yang diperoleh dari database Google Scholar dan PubMed, dengan kata kunci: kepuasan pasien, mutu pelayanan kesehatan, dan rawat jalan rumah sakit. Artikel kemudian disaring berdasarkan kriteria tertentu. Hasil: Telaah terhadap 8 jurnal menunjukkan bahwa terdapat beberapa indikator kualitas pelayanan yang berhubungan dengan kepuasan pasien, yaitu keandalan, daya tanggap, jaminan, empati, dan bukti fisik. Kesimpulan: hasil analisis jurnal dapat disimpulkan bahwa kepuasan pasien rawat jalan dipengaruhi oleh kualitas pelayanan rumah sakit. Semakin baik mutu pelayanan, semakin baik pula respon pasien terhadap pelayanan rumah sakit. Salah satu dampak positifnya adalah loyalitas pasien yang meningkat, sehingga mereka cenderung kembali untuk berobat ke rumah sakit.
References
UU RI No.36. Undang-undang Republik Indonesia Tentang Kesehatan (UU RI No.36 Tahun 2009. 2009;5(August):12-42. 2. UU RI No.44. Undang-undang Republik Indonesia Tentang Rumah Sakit (Nomor.44 Tahun 2009). Am J Res Commun. 2009;5(August):12-42.
Damayanti M, Jati S, Arso S. Analisis Permintaan Masyarakat Terhadap Pelayanan Rawat Jalan Rumah Sakit Umum Daerah Dr. R. Soetijono Blora. J Kesehat Masy. 2017;5(1):85-94.
Hartawan IMPS, Zaini. Influence Quality Service To Satisfaction Patient BPJS Treat Street in House Mataram City General Hospital 2022. Nusadaya J Multidiciplinary Stud. 2022;1(2):22-26.
Rosalia KJ. PASIEN RSU SURYA HUSADHA DI DENPASAR. 2018;7(5):2442-2469.
Lilik NIS, Budiono I. Mutu Pelayanan Kesehatan Setelah Persalinan Yang Berhubungan Dengan Kepuasan Pelayanan Ibu Nifas. Indones J Public Heal Nutr. 2021;1(1):101-113.
Nur’aeni R, Simanjorang A, . J. Pengaruh Mutu Pelayanan Terhadap Kepuasan Pasien Rawat Inap Di Rumah Sakit Izza Karawang. J Healthc Technol Med. 2020;6(2):1097. doi:10.33143/jhtm.v6i2.1152
Waty R, Prapanca Satar Y, Galih Prihantono A. Analisis Pengaruh Mutu Layanan Terhadap Minat Pemanfaatan Ulang Layanan Rawat Jalan RS Helsa Jatirahayu Tahun 2021. J Manaj dan Adm Rumah Sakit Indones. 2022;6(1):15-22. doi:10.52643/marsi.v5i2.1510
Quyen BTT, Ha NT, Van Minh H. Outpatient satisfaction with primary health care services in Vietnam: Multilevel analysis results from The Vietnam Health Facilities Assessment 2015. Heal Psychol Open. 2021;8(1). doi:10.1177/20551029211015117
Alpan H, Fauzan H, Fanny SA. Hubungan Mutu Pelayanan Keperawatan dengan Minat Kunjungan Ulang Rawat Jalan di RSIA PKU Muhammadiyah Cipondoh. J JKFT. 2019;4(2):11-21.
Hu L, Zhou BP, Liu S, Wang Z, Liu Y. Outpatient satisfaction with tertiary hospitals in China: The role of sociodemographic characteristics. Int J Environ Res Public Health. 2019;16(19). doi:10.3390/ijerph16193518
Nursalam. Manajemen Keperawatan:Aplikasi Dalam Praktik Keperawatan Profesional. 5th ed. Salemba Medika; 2017.
Birwin A, Kamri E, Faresty EY, Anon T, Lapau B. Service Quality and Outpatient’S Factors Affecting Their Satisfaction At the B Hospital in Indonesia. Int J Manag. 2021;11(12):2366-2373. doi:10.34218/ijm.11.12.2020.223
Muhammad Al Rajab SA. Pengaruh Mutu Pelayanan Terhadap Tingkat Kepuasan Pasien Rawat Jalan. Ilm Kesehat. 2023;18(1):73-86.
Aprina Hetikus Taekab, Chriswardani Suryawati Wk. Analisis Persepsi Pasien Terhadap Mutu Pelayanan Puskesmas Dan Hubungannya Dengan Kepuasan Pasien Rawat Jalan Di Puskesmas. 2019;7.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Healthy Tadulako Journal (Jurnal Kesehatan Tadulako)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.