FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERILAKU KONSUMEN DALAM PEMBELIAN JASA TRAUMA CENTRE SEBAGAI PERTIMBANGAN DALAM MANAJEMEN PEMASARAN RUMAH SAKIT : SCOPING REVIEW

Authors

  • Adennisa Yunitasari Nurrachma Universitas Diponegoro
  • Zahroh Shaluhiyah Magister Kesehatan Masyarakat, Sekolah Pasca Sarjana, Universitas Diponegoro
  • Ayun Sriatmi Magister Kesehatan Masyarakat, Sekolah Pasca Sarjana, Universitas Diponegoro

DOI:

https://doi.org/10.22487/htj.v10i4.1408

Keywords:

pemasaran, konsumen, perilaku, rumah sakit dan pembelian

Abstract

Latar Belakang: Rumah sakit memiliki peran krusial dalam menyediakan layanan trauma center bagi pasien yang mengalami trauma atau kecelakaan kerja. Untuk meningkatkan kepuasan pasien, loyalitas, dan kualitas layanan, manajemen pemasaran rumah sakit perlu memahami faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku konsumen dalam memilih layanan rumah sakit. Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi pemilihan layanan di rumah sakit berdasarkan tinjauan literatur. Metode: Metode penelitian yang digunakan adalah scoping review dengan mengumpulkan artikel dari database Google Scholar dan portal Garuda. Artikel yang digunakan adalah publikasi dari tahun 2014 hingga 2023. Setelah dilakukan screening, berhasil dikumpulkan 12 artikel yang relevan. Hasil: Faktor-faktor yang mempengaruhi pemilihan layanan kesehatan di rumah sakit mencakup variabel produk, tempat, bukti fisik, tarif, promosi, layanan, dan proses. Rumah sakit perlu meningkatkan pelayanan medis dan penunjang, memperbaharui strategi harga, serta meningkatkan promosi melalui media sosial, papan nama, banner, brosur, dan poster. Kesimpulan: Untuk meningkatkan kepuasan pasien, rumah sakit perlu memperhatikan faktor-faktor tersebut dan membuat perbaikan dalam pelayanan serta promosi agar lebih menarik bagi konsumen

References

DAFTAR PUSTAKA

Marbun R, Ariyanti R, Dea V. Peningkatan Pengetahun Masyarakat Terkait Pemahaman Alur Pelayanan Gawat Darurat Di Rumah Sakit. SELAPARANG J Pengabdi Masy Berkemajuan. 2022;6(1):108. doi:10.31764/jpmb.v6i1.7251

Ribka Flora Panjaitan, Sitio SSP, Siregar R. Hubungan Kualitas Pelayanan Kesehatan dengan Kepuasan Pasien Pengguna BPJS Rawat Inap di RSU Sembiring. J Kaji Kesehat Masy. 2020;1(2):1-6.

Wijayanto T, Tiara T, Maryadi S. Workshop Tentang Bantuan Hidup Dasar Dan Penanganan Awal Pada Pasien Trauma Pada Perawat Pelaksana. J Public Heal Concerns. 2022;2(3):150-160. doi:10.56922/phc.v2i3.216

Setiawan B, Irwandi, Khamdiyah E, Djoko S, Edhy, SeputroPrasetyo J. Rancang Bangun Sistem Monitoring Kendaraan Secara Realtime Menerapkan Prinsip-prinsip Keperawatan dan Model Pemberian Asuhan Keperawatan Profesional (MAKP) di Ruang Yudistira RSUD Jombang. J Media Bina Ilm. 2023;18(5):1263-1270.

Wiliana E, Erdawati L, Meitry Y. Pengaruh Kepuasan, Kualitas Relasional dan Kepercayaan Pasien Terhadap Kepuasan dan Loyalitas Pasien Studi Kasus pada Pasien Rawat Jalan BPJS di Rumah Sakit Swasta Kota Tangerang. J Ekon Manaj Bisnis. 2019;20(2):97-108.

Anfal A. Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Citra Rumah Sakit Terhadap Tingkat Kepuasan pasien Rawat Inap Rumah Sakit Umum Sundari Medan Tahun 2018. Excell Midwifery Joaurnal. 2020;3(2):1-19.

Sunarto, Wulandari CR. Peran Staf Rumah Sakit dalam Pelaksanaan Peningkatan Mutu. J Hosp Accredit. 2021;03(2):108-113.

Bisnis PA, Tinggi S, Administrasi I, Padang A. Analisis Strategi Marketing Pada Bisnis Rumah Sakit Untuk meningkatkan Kepuasan Pelanggan. J Bisnis Digit dan Enterprenuer. 2023;1(1):17-23.

Jaya DL, Andriani H, Scholar G, Kesehatan P. Efektivitas Penerapan Teknologi Digital Marketing Di Pelayanan Kesehatan (Literature Review). BEST J. 2023;6(1):162-168.

Jonathan JV, Syah tantri yanuar R, Wekadigunawan. Analisis Minat Kunjung Ulang Pasien Non BPJS di Unit Rawat Jalan Rumah Sakit “X.” J Ilmu Kesehat Masy. 2022;11(9):33-41.

Triastuti VI, Basabih M. Hubungan Kualitas Layanan, Kepercayaan dan Loyalitas dalam Membangun Brand Equity Rumah Sakit Berbasis Pasien. J Med Hutama. 2023;05(01):3711-3728.

Hapsari NM, Prawiradilaga RRS, Muhardi M. Pengaruh Persepsi Kemudahan, Persepsi Kebermanfaatan, dan Kualitas Informasi terhadap Minat Masyarakat Kota Bogor dalam Penggunaan Layanan Telemedicine (Studi Pada Pengguna Aplikasi Halodoc, Alodokter, Yesdok). J Nas Manaj Pemasar SDM. 2023;4(3):100-119. doi:10.47747/jnmpsdm.v4i3.1363

Wahyudi EK, Dasuki D, Anjarwati. Scoping Review Hubungan Dukungan Suami dengan Kecemasan dalam Menghadapi Proses Persalinan Pada Ibu hamil Trimester III. J Heal sains. 2022;3(10):1509-1517.

Afrizal, Suhadi. Pengaruh Kualitas Pelayanan, Citra Rumah Sakit dan Kepercayaan Terhadap Kepuasan Pasien dan Implikasinya pada Loyalitas Pasien. JEM J Ekon dan Manaj STIE Pertiba Pangkalpinang. 2018;Vol 4(1):70-86.

Nurmawaddah, Ekawaty D, Insani Y. Hubungan Bauran Pemasaran (Marketing Mix) dengan Pemanfaatan Ulang Pelayanan di Unit Rawat Jalan RSIA Pertiwi Makassar. J Penelit Kesehat Perlamonia Indones. 2020;5(1):55.

Karmita, Arman, Alwi KM. Pengaruh Brand Image Terhadap Keputusan Pasien Rawat Inap untuk Memanfaatkan Pelayanan Kesehatan di RS Dr. Tadjuddin Chalid Makassar Tahun 2021. J Muslim Community Heal. 2021;2(2):40-57. http://www.pasca-umi.ac.id/index.php/jmch/article/view/504

Aisyiah IK, Lita RP, Burhan IR. Pengaruh Faktor Budaya, Sosial, Pribadi dan Psikologis Terhadap Proses Keputusan Naik Kelas Rawat Inap di RSU Bunda BMC Padang. Procur J Ilm Manaj. 2021;7(4):407-419.

Hafidzulla Z, Wekadigunawan C. Pengambilan Keputusan Pasien untuk Rawat Inap di Rumah Sakit X Jakarta. J Hosp Manag. 2021;4(1):450-462.

Lestari WRS, Rahmayanti F, Noor VMM. Obsevasi Terhadap Rendahnya Kunjungan Pasien rawat Jalan Pelayanan Medik Spesialistik Lain. AKADEMIKA. 2018;16(2):87-96.

Nisrina, Aulia D, Andayani L. Hubungan Strategi Pemasaran dengan Preferensi Pasien Poliklinik Anak di Rumah Sakit X Medan. J Kesmas Jambi. 2020;4(1):17-22.

Azizah N, Raharjo BB. Pengaruh Bauran Pemasaran terhadap Proses Keputusan Pasien Memilih Layanan. Higea J Public Heal Res Dev. 2020;4(2):189-200.

Yamini EA. Analisis Faktor Yang Mempengaruhi Konsumen Dalam Memilih Rumah Sakit Di Kota Yogyakarta. Manag Insight J Ilm Manaj ISSN. 2022;17(1):131-140. https://doi.org/10.33369/insight.17.1.131-140

Ahmad IA, Ahri RA, Arman. Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Konsumen Perawatan Kulit Pada Klinik Kecantikan Drm Skin Clinic Di Makassar. J Muslim Community Heal. 2023;4(2):43-54. doi:10.26858/ja.v3i2.2572

Puspita L, Sasmita EM, Sari B. Pengaruh Lokasi, Citra Rumah Sakit, dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Memilih RSUD Pasar Minggu. J IKRA-ITH Ekon. 2020;2(3):64-73.

Lestari P, Rindu. Hubungan Pemasaran Rumah Sakit (Marketing Mix 7P) terhadap Tingkat Kunjungan Pasien. J Ilmu Kesehat Masy. 2018;7(02):120-130. doi:10.33221/jikm.v7i02.114

Bayty DN, Ramlan, Usman. Hubungan Bauran Pemasaran Dengan Keputusan Memilih Layanankesehatan Pada Pasien Rawat Inap Rumah Sakit Umum ‘Aisyiyah ST. Khadijah Kabupaten Pinrang. J Ilm Mns Dan Kesehat. 2022;5(1):1-10.

Afni R. Pemilihan Pelayanan Kesehatan Diruangan Rawat Inap Rumah Sakit Prima Pekanbaru. J Ensiklopediaku. 2019;2(1):70-75.

Erinawati F, Syafarudin A. Pengaruh kualitas pelayanan, harga, promosi terhadap keputusan. J Ilm Ilmu Manaj dan Kewirausahaan. 2021;1(1):130-147.

Shalamah UH, Indrawati F. Pengaruh Bauran Pemasaran terhadap Minat Kunjungan Ulang di Balai Kesehatan Masyarakat. Higea J Public Heal Res Dev. 2021;5(1):145-157.

Wijaya PSM, Hardono, Happy MNR. Pengaruh Harga, Fasilitas Dan Lokasi Terhadap Keputusan Menggunakan Rumah Sakit Dr. Soetarto Yogyakarta. J Optim. 2022;19(1):66-79.

Yasni Y, Narmi, Putri LAR. Hubungan Marketing Mix Terhadap Kunjungan Ulang Pasien. J Keperawatan. 2020;4(2):22-35.

Rachmawaty S, Semiarty R, Lita RP. Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Proses Keputusan Pelanggan Dalam Memilih Rawat Inap Di Rumah Sakit Islam Ibnu Sina. J Hum Care. 2020;5(1):270-280.

Sukman M, Haeruddin, Sumiaty. Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Pasien Memilih Rawat Jalan di RSIA Malebu Husada Tahun 2022. J Muslim Community Heal. 2022;4(4):157-170.

Downloads

Published

2024-10-31

How to Cite

Nurrachma, A. Y., Shaluhiyah, Z., & Sriatmi, A. (2024). FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERILAKU KONSUMEN DALAM PEMBELIAN JASA TRAUMA CENTRE SEBAGAI PERTIMBANGAN DALAM MANAJEMEN PEMASARAN RUMAH SAKIT : SCOPING REVIEW . Healthy Tadulako Journal (Jurnal Kesehatan Tadulako), 10(4), 620-630. https://doi.org/10.22487/htj.v10i4.1408

Issue

Section

Articles