DAMPAK PSIKOEDUKASI KELUARGA UNTUK MENGURANGI STRESS KELUARGA YANG MENDAMPINGI ANAK DENGAN RETARDASI MENTAL

Authors

  • Muhammad Fadhlan La Tabari Fakultas Kedokteran Universitas Malikussaleh, Lhokseumawe
  • Agustiawan Agustiawan Fakultas Kedokteran Institut Kesehatan Helvetia Medan
  • Andi Nasir Jurusan Keperawatan, Politeknik Kesehatan Kementerian Kesehatan, Mamuju
  • Desi Asmaret Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat, Padang
  • Putri Mayangsari Antariksa Rumah Sakit Ibu dan Anak Assyifa, Tanggerang

DOI:

https://doi.org/10.22487/htj.v10i4.1418

Keywords:

Retardasi mental, orang tua, psikoedukasi, stres

Abstract

Latar Belakang: Reaksi pertama orang tua terhadap kelahiran anak disabilitas intelektual dapat berupa kombinasi antara keputusasaan, kehilangan, dan kebencian baik terhadap diri sendiri maupun terhadap keadaan. Artikel ini akan membahas mengenai dampak psikoedukasi keluarga untuk mengurangi stress keluarga yang mendampingi anak dengan retardasi mental. Metode: Tinjauan literatur yang mengacu pada pedoman Preferred Reporting Items for Systematic Reviews and Meta-Analyses (PRISMA) guideline checklist. Jurnal atau artikel didapatkan dari database yang telah digunakan secara internasionak, seperti: Google Scholar, SagePub, dan PubMed. Artikel yang kami cari membahas mengenai dampak psikoedukasi keluarga untuk mengurangi stress keluarga yang mendampingi anak dengan retardasi mental. Hasil: Kami mendapatkan sebanyak tujuh penelitian yang paling relevan untuk menjawab pertanyaan penelitian ini. Penelitian yang kami dapatkan terkait dengan intervensi perilaku, baik untuk orangtua maupun pengasuh anak. Adapun penelitian yang kami libatkan pada umumnya adalah kohort prospektif, sedangkan untuk uji klinis acak hanya dua penelitian. Intervensi yang dilakukan dikaitkan dengan intervensi keluarga, program instruksional, dan dukungan perilaku pada anak yang terkait dengan interaksi anak terhadap orangtua. Kesimpulan: Mereka yang bergerak di bidang pelayanan kesehatan mental perlu menyadari masalah ini, sehingga skrining dan tatalaksana masalah kesehatan mental yang tepat dapat digunakan untuk pengasuh anak dengan disabilitas intelektual.

Downloads

Published

2024-10-31

How to Cite

Tabari, M. F. L. ., Agustiawan, A., Nasir, A., Asmaret, D. ., & Antariksa, P. M. . (2024). DAMPAK PSIKOEDUKASI KELUARGA UNTUK MENGURANGI STRESS KELUARGA YANG MENDAMPINGI ANAK DENGAN RETARDASI MENTAL. Healthy Tadulako Journal (Jurnal Kesehatan Tadulako), 10(4), 667-674. https://doi.org/10.22487/htj.v10i4.1418

Issue

Section

Articles