EFEKTIFITAS METODE EDUKASI TERSTRUKTUR TERHADAP PERUBAHAN PERILAKU PENDERITA HIPERTENSI DI DESA BULOTALANGI
DOI:
https://doi.org/10.22487/htj.v10i4.1449Keywords:
Terstruktur, Hipertensi, PerilakuAbstract
Latar Belakang: Hipertensi adalah gangguan sistem peredaran darah yang menyebabkan tekanan darah meningkat di atas normal. Dikenal sebagai "pembunuh diam-diam," hipertensi sering tidak menunjukkan gejala dan dipengaruhi oleh perilaku yang menyimpang dari penderita. Tujuan:
Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi efektivitas metode edukasi terstruktur dalam mengubah perilaku penderita hipertensi di Desa Bulotalangi. Metode: Penelitian menggunakan desain pretest-posttest nonequivalent control group design, melibatkan kelompok intervensi dan kontrol yang tidak dipilih secara acak. Edukasi terstruktur diberikan kepada kelompok intervensi, dan perubahan perilaku diukur sebelum dan sesudah intervensi. Analisis data dilakukan menggunakan uji paired t-test. Hasil: Hasil analisis menunjukkan adanya pengaruh signifikan dari edukasi terstruktur terhadap perubahan perilaku penderita hipertensi dengan nilai p-value = 0,003 (p < 0,05). Pada kelompok intervensi, terjadi perubahan perilaku signifikan sebelum dan sesudah intervensi edukasi terstruktur. Kesimpulan: Metode edukasi terstruktur efektif dalam meningkatkan perubahan perilaku pada penderita hipertensi di Desa Bulotalangi, Kecamatan Bulango Timur, Kabupaten Bone Bolango. Edukasi terstruktur dapat menjadi pendekatan yang direkomendasikan untuk meningkatkan kualitas hidup penderita hipertensi
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Healthy Tadulako Journal (Jurnal Kesehatan Tadulako)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.