PERAN ORANGTUA TERHADAP PENDAMPINGAN BELAJAR ANAK DARI RUMAH PADA MASA PANDEMI COVID-19
DOI:
https://doi.org/10.22487/htj.v7i2.179Keywords:
Pandemi, Pendampingan anak, Peran orang tuaAbstract
Pandemi covid 19 menyebabkan pemerintah mengeluarkan aturan belajar dari rumah (learn from home) bagi anak-anak sekolah dan bekerja dari rumah (work from home) bagi guru dan pegawai. Situasi yang terjadi sekarang ini menuntut keterlibatan orang tua secara lebih maksimal. Artikel ini akan membahas peran orang tua dalam mendampingi anak di rumah selama pandemic. Metode yang digunakan yaitu metode studi pustaka dengan pengumpulan data menggunakan dokumentasi dari kajian teoritis yang didapatkan dari buku dan jurnal. Sejak terjadinya pandemik covid 19 pembelajaran yang dilakukan di rumah menjadikan peran orang tua menjadi sangat penting. Orang tua tidak hanya dituntut berfungsi sebagai tempat pendidikan anak yang pertama dan utama dalam membentuk karakter, nilai agama dan budi pekerti tetapi sekarang memiliki peran tambahan yaitu sebagai guru kedua bagi anak dalam belajar di rumah. Adapun peran penting orang tua dalam mendampingi anak yaitu orang tua sebagai pemberi semangat dan motivasi, memfasilitasi kebutuhan anak, tempat berdiskusi dan bertanya, membantu mengenali diri sendiri, melihat dan mengembangkan bakat anak dan menciptakan lingkungan yang kondusif untuk belajar
References
Relman Da. Opinion: To Stop The Next
Pandemic, We Need To Unravel The
Origins Of Covid-19. Proc Natl Acad Sci.
;117(47):29246-29248.
Doi:10.1073/Pnas.2021133117
Khasanah M. Page 1 Dampak
Pembelajaran Daring Terhadap
Prestasibelajar Ips Pada Siswa Kelas Iv
Di Sd Tahfidz Ar-Risalahkec. Bandungan
Tahun Pelajaran 2019/2020. Published
Online 2020.
Shereen Ma, Khan S, Kazmi A, Bashir N,
Siddique R. Covid-19 Infection:
Emergence, Transmission, And Characteristics Of Human Coronaviruses.
J Adv Res. 2020;24:91-98.
Doi:10.1016/J.Jare.2020.03.005
Valeza Ar. Peran Orang Tua Dalam
Meningkatkan Prestasi Anak Di Perum
Tanjung Raya Permai Kelurahan
Pematang Wangi Kecamatan Tanjung
Senang Bandar Lampung. Published
Online November 20, 2017.
Aisyatinnaba N. Peran Orang Tua Dalam
Memotivasibelajar Siswa( Studi Kasus
Pada Siswa Kelas Viii Smp Negeri
kecamatan Losari, Kabupaten Brebes).
Published Online 2015.
Rizkiyah H. Peran Orangtua Dalam
Meningkatkan Minat Belajar Anak
Sekolah Dasar (6-12 Tahun) Di Dusun
Kalikajang Kelurahan Gebang Sidoarjo.
J+Plus Unesa. 2015;4(1).
Https://Jurnalmahasiswa.Unesa.Ac.Id/Ind
ex.Php/Jurnal-Pendidikan-LuarSekolah/Article/View/13227
Rumbewas Ss, Laka Bm, Meokbun N.
Peran Orang Tua Dalam Miningkatkan
Motivasi Belajar Peserta Didik Di Sd
Negeri Saribi. Edumatsains J
Pendidikan, Mat Dan Sains.
;2(2):201-212.
Doi:10.33541/Edumatsains.V2i2.607
Zed M. Metode Penelitian Kepustakaan.
Yayasan Obor Indonesia; 2008.
Nata A. Metodologi Studi Islam. Rajawali
Press; 2004.
Simha A, Prasad Rv, Narayana S. A
Simple Stochastic Sir Model For Covid
Infection Dynamics For Karnataka:
Learning From Europe. Published Online
March 26, 2020.
Sujiono Yn. Konsep Dasar Pendidikan
Anak Usia Dini. Pt Indeks; 2009.
Umar M, Umar M. Peranan Orang Tua
Dalam Peningkatan Prestasi Belajar
Anak. J Edukasi J Bimbing Konseling.
;1(1):20-28.
Doi:10.22373/Je.V1i1.315
Lestari N, G A, M Y. Pendidikan Anak
Usia Dini Di Masa Pandemi Covid19.
Yayasan Kita Menulis; 2020.
Iriani D. Kesalahan Dalam Mendidik
Anak. Gramedia
Anwar S. Hubungan Pola Asuh Orang
Tua Dengan Motivasi Belajar Anak. J
Syst Indragiri. 2017;1(2):58-65.
Trisnadewi K, Muliani Nm.
Pembelajaran Daring Di Masa Pandemi
Covid-19. Vol 1. Yayasan Kita Menulis;
Sundari S, Sinuraya Y Ambiya. Langkah
Kakiku Setelah Sma. Publica Institue
Jakarta; 2018.
Fadillah M. Edutainment Pendidikan
Anak Usia Dini, Menciptakan
Pembelajaran Menarik, Kreatif, Dan
Menyenangkan. Kencana; 2014.
Latif M, Zukharina, Dkk. Orientasi Baru
Pendidikan Anak Usiadini. Kencana
Prenada Media Group; 2013.
Fakhriza Z. Quo Vadis Pendidikan
Indonesia? Guepedia; 2018.
Wenda Ap. How Maximizingchild
Potential. Pt Elex Media Komputindo;
Prashnig B. The Power Of Learning
Styles. Kaifa
Erzad Am. Peran Orang Tua Dalam
Mendidik Anak Sejak Dini Di
Lingkungan Keluarga. Thufula J Inov
Pendidik Guru Raudhatul Athfal.
;5(2):414-431.
Doi:10.21043/Thufula.V5i2.3483
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 Healthy Tadulako Journal (Jurnal Kesehatan Tadulako)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.