PERAN ORANGTUA TERHADAP PENDAMPINGAN BELAJAR ANAK DARI RUMAH PADA MASA PANDEMI COVID-19

Authors

  • Susi Retnowati Magister Psikologi Sains, Fakultas Psikologi, Universitas Ahmad Dahlan
  • Herlina Siwi Widiana Magister Psikologi Sains, Fakultas Psikologi, Universitas Ahmad Dahlan, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.22487/htj.v7i2.179

Keywords:

Pandemi, Pendampingan anak, Peran orang tua

Abstract

Pandemi covid 19 menyebabkan pemerintah mengeluarkan aturan belajar dari rumah (learn from home) bagi anak-anak sekolah dan bekerja dari rumah (work from home) bagi guru dan pegawai. Situasi yang terjadi sekarang ini menuntut keterlibatan orang tua secara lebih maksimal. Artikel ini akan membahas peran orang tua dalam mendampingi anak di rumah selama pandemic. Metode yang digunakan yaitu metode studi pustaka dengan pengumpulan data menggunakan dokumentasi dari kajian teoritis yang didapatkan dari buku dan jurnal. Sejak terjadinya pandemik covid 19 pembelajaran yang dilakukan di rumah menjadikan peran orang tua menjadi sangat penting. Orang tua tidak hanya dituntut berfungsi sebagai tempat pendidikan anak yang pertama dan utama dalam membentuk karakter, nilai agama dan budi pekerti tetapi sekarang memiliki peran tambahan yaitu sebagai guru kedua bagi anak dalam belajar di rumah. Adapun peran penting orang tua dalam mendampingi anak yaitu orang tua sebagai pemberi semangat dan motivasi, memfasilitasi kebutuhan anak, tempat berdiskusi dan bertanya, membantu mengenali diri sendiri, melihat dan mengembangkan bakat anak dan menciptakan lingkungan yang kondusif untuk belajar

References

Relman Da. Opinion: To Stop The Next

Pandemic, We Need To Unravel The

Origins Of Covid-19. Proc Natl Acad Sci.

;117(47):29246-29248.

Doi:10.1073/Pnas.2021133117

Khasanah M. Page 1 Dampak

Pembelajaran Daring Terhadap

Prestasibelajar Ips Pada Siswa Kelas Iv

Di Sd Tahfidz Ar-Risalahkec. Bandungan

Tahun Pelajaran 2019/2020. Published

Online 2020.

Shereen Ma, Khan S, Kazmi A, Bashir N,

Siddique R. Covid-19 Infection:

Emergence, Transmission, And Characteristics Of Human Coronaviruses.

J Adv Res. 2020;24:91-98.

Doi:10.1016/J.Jare.2020.03.005

Valeza Ar. Peran Orang Tua Dalam

Meningkatkan Prestasi Anak Di Perum

Tanjung Raya Permai Kelurahan

Pematang Wangi Kecamatan Tanjung

Senang Bandar Lampung. Published

Online November 20, 2017.

Aisyatinnaba N. Peran Orang Tua Dalam

Memotivasibelajar Siswa( Studi Kasus

Pada Siswa Kelas Viii Smp Negeri

kecamatan Losari, Kabupaten Brebes).

Published Online 2015.

Rizkiyah H. Peran Orangtua Dalam

Meningkatkan Minat Belajar Anak

Sekolah Dasar (6-12 Tahun) Di Dusun

Kalikajang Kelurahan Gebang Sidoarjo.

J+Plus Unesa. 2015;4(1).

Https://Jurnalmahasiswa.Unesa.Ac.Id/Ind

ex.Php/Jurnal-Pendidikan-LuarSekolah/Article/View/13227

Rumbewas Ss, Laka Bm, Meokbun N.

Peran Orang Tua Dalam Miningkatkan

Motivasi Belajar Peserta Didik Di Sd

Negeri Saribi. Edumatsains J

Pendidikan, Mat Dan Sains.

;2(2):201-212.

Doi:10.33541/Edumatsains.V2i2.607

Zed M. Metode Penelitian Kepustakaan.

Yayasan Obor Indonesia; 2008.

Nata A. Metodologi Studi Islam. Rajawali

Press; 2004.

Simha A, Prasad Rv, Narayana S. A

Simple Stochastic Sir Model For Covid

Infection Dynamics For Karnataka:

Learning From Europe. Published Online

March 26, 2020.

Sujiono Yn. Konsep Dasar Pendidikan

Anak Usia Dini. Pt Indeks; 2009.

Umar M, Umar M. Peranan Orang Tua

Dalam Peningkatan Prestasi Belajar

Anak. J Edukasi J Bimbing Konseling.

;1(1):20-28.

Doi:10.22373/Je.V1i1.315

Lestari N, G A, M Y. Pendidikan Anak

Usia Dini Di Masa Pandemi Covid19.

Yayasan Kita Menulis; 2020.

Iriani D. Kesalahan Dalam Mendidik

Anak. Gramedia

Anwar S. Hubungan Pola Asuh Orang

Tua Dengan Motivasi Belajar Anak. J

Syst Indragiri. 2017;1(2):58-65.

Trisnadewi K, Muliani Nm.

Pembelajaran Daring Di Masa Pandemi

Covid-19. Vol 1. Yayasan Kita Menulis;

Sundari S, Sinuraya Y Ambiya. Langkah

Kakiku Setelah Sma. Publica Institue

Jakarta; 2018.

Fadillah M. Edutainment Pendidikan

Anak Usia Dini, Menciptakan

Pembelajaran Menarik, Kreatif, Dan

Menyenangkan. Kencana; 2014.

Latif M, Zukharina, Dkk. Orientasi Baru

Pendidikan Anak Usiadini. Kencana

Prenada Media Group; 2013.

Fakhriza Z. Quo Vadis Pendidikan

Indonesia? Guepedia; 2018.

Wenda Ap. How Maximizingchild

Potential. Pt Elex Media Komputindo;

Prashnig B. The Power Of Learning

Styles. Kaifa

Erzad Am. Peran Orang Tua Dalam

Mendidik Anak Sejak Dini Di

Lingkungan Keluarga. Thufula J Inov

Pendidik Guru Raudhatul Athfal.

;5(2):414-431.

Doi:10.21043/Thufula.V5i2.3483

Downloads

Published

2021-05-13

How to Cite

Retnowati, S., & Widiana, H. S. . (2021). PERAN ORANGTUA TERHADAP PENDAMPINGAN BELAJAR ANAK DARI RUMAH PADA MASA PANDEMI COVID-19. Healthy Tadulako Journal (Jurnal Kesehatan Tadulako), 7(2), 94-99. https://doi.org/10.22487/htj.v7i2.179

Issue

Section

Articles