HUBUNGAN POLA MAKAN DAN KECUKUPAN ISTIRAHAT TIDUR DENGAN KEJADIAN HIPERTENSI PADA IBU HAMIL DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS BIROMARU

Authors

  • Pesta Corry Sihotang Bagian Keperawatan, Program Studi Ilmu Keperawatan, Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Widya Nusantara Palu.
  • Elifah Ihda Rahmayanti Bagian Keperawatan, Program Studi Ilmu Keperawatan, Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Widya Nusantara Palu.
  • Juwita Meldasari Tebisi Bagian Keperawatan, Program Studi Ilmu Keperawatan, Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Widya Nusantara Palu.
  • Fani Mirnawati Bantulu Bagian Keperawatan, Program Studi Ilmu Keperawatan, Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Widya Nusantara Palu.

DOI:

https://doi.org/10.22487/htj.v2i1.24

Keywords:

Pola Makan, Kecukupan Istirahat Tidur, Hipertensi Kehamilan

Abstract

Masalah kesehatan yang sering muncul selama kehamilan dan dapat menimbulkan komplikasi pada 2–3% kehamilan adalah hipertensi. Kejadian hipertensi pada kehamilan sekitar 5–15%, dan merupakan satu di antara 3 penyebab mortalitas dan morbiditas ibu bersalin di samping infeksi dan perdarahan. Frekuensi komplikasi pada kehamilan dan persalinan juga meningkat pada ibu hamil yang mengalami hipertensi. Dampak dari hipertensi kehamilan lebih lanjut antara lain risiko kematian maternal, angka prematuritas, berat badan bayi lahir rendah, dan angka kematian perinatal meningkat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya hubungan antara pola makan dan kecukupan istirahat tidur dengan kejadian hipertensi pada ibu hamil di wilayah kerja Puskesmas Biromaru. Penelitian ini dilakukan dengan desain penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode cross sectional dan dilakukan uji chi square untuk mengetahui hubungan antara variabel dependent dan independent. Populasi dalam penelitian ini adalah ibu hamil yang melakukan kunjungan di Puskesmas Biromaru pada bulan September 2014 dengan jumlah sampel yang dipakai
41 orang. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan cara noprobability sampling. Hasil dari penelitian ini
didapatkan adanya hubungan pola makan dengan kejadian hipertensi pada ibu hamil dengan nilai p-value 0,000 dan ada hubungan kecukupan istirahat tidur dengan kejadian hipertensi pada ibu hamil dengan nilai p-value 0,036. Kesimpulan penelitian ini adalah ada hubungan pola makan dengan kejadian hipertensi pada ibu hamil di wilayah kerja Puskesmas Biromaru dan ada hubungan kecukupan istirahat tidur dengan kejadian hipertensi pada ibu hamil di wilayah kerja Puskesmas Biromaru.

Author Biographies

Pesta Corry Sihotang, Bagian Keperawatan, Program Studi Ilmu Keperawatan, Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Widya Nusantara Palu.

Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Widya Nusantara Palu

Elifah Ihda Rahmayanti, Bagian Keperawatan, Program Studi Ilmu Keperawatan, Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Widya Nusantara Palu.

Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Widya Nusantara Palu

Juwita Meldasari Tebisi, Bagian Keperawatan, Program Studi Ilmu Keperawatan, Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Widya Nusantara Palu.

Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Widya Nusantara Palu

Fani Mirnawati Bantulu, Bagian Keperawatan, Program Studi Ilmu Keperawatan, Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Widya Nusantara Palu.

Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Widya Nusantara Palu

Downloads

Published

2016-01-07

How to Cite

Corry Sihotang, P. ., Ihda Rahmayanti, E. ., Meldasari Tebisi, J. ., & Mirnawati Bantulu, F. . (2016). HUBUNGAN POLA MAKAN DAN KECUKUPAN ISTIRAHAT TIDUR DENGAN KEJADIAN HIPERTENSI PADA IBU HAMIL DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS BIROMARU. Healthy Tadulako Journal (Jurnal Kesehatan Tadulako), 2(1), 68-75. https://doi.org/10.22487/htj.v2i1.24

Issue

Section

Articles