TINGKAT STRES TERHADAP MOTIVASI BELAJAR DI MASA PANDEMI CORONA VIRUS DISEASE 19 (COVID 19) PADA MAHASISWA KEPERAWATAN STIK SITI KHADIJAH PALEMBANG

Authors

  • Lenny Astuti Program Studi Ilmu Keperawatan, Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Siti Khadijah Palembang
  • Lily Marleni STIK SITI KHADIJAH PALEMBANG
  • Lela Aini Program Studi Ilmu Keperawatan, Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Siti Khadijah Palembang

DOI:

https://doi.org/10.22487/htj.v7i2.64

Keywords:

Stress, motivasi belajar, covid-19

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada hubungan Motivasi Belajar Mahasiswa Program Studi D-III Keperawatan Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Siti Khadijah Palembang Tahun 2020. Rancangan penelitian yang digunakan adalah deskriptif analitik dengan pendekatan cross sectional. Desain tersebut dipilih karena penelitian, pengukuran atau pengamatan dilakukan secara bersamaan (sekali waktu) dan untuk melihat hubungan antara variabel independen dan variabel dependen. Jumlah sampel dalam penelitian ini yaitu sebanyak 113 responden. responden yang mengalami stress berat sebanyak 57 responden (50,4%) lebih banyak dibandingkan dengan responden yang mengalami stress ringan sebanyak 56 responden (49,6%). responden yang memiliki motivasi kuat sebanyak 99 respoden (87,6%) lebih banyak di bandingkan dengan responden yang memiliki motivasi sedang sebanyak 12 responden (10,6 %) dan motivasi lemah sebanyak 2 responden (1,8 %). Tidak Ada hubungan bermakna antara tingkat stress dan motivasi belajar dengan nilai p value 0,846.

References

John W. Santrock (2007). Perkembangan Anak. Jilid 1 Edisi kesebelas.Jakarta : PT. Erlangga

Sarafino, E. P. 2008. Health Psychology: Biopsychosocial Interactions Sixth Edition. USA

American Pshichological, 2013

Nist Olejnik, S., & Holschuh, J. P. (2007). College Rules! How to Study, Survive, and Succeed in College. New York: Ten Speed Press

Nursalam, 2008. Konsep dan Penerapan Metodologi Penelitian Ilmu Keperawatan :Jakarta: Salemba Medika

Rucker,T.D.Schiff, G. 1990. Drug formularies: mythts-in-formation. Medical Care

Sakamoto.2015. The Relationship between motivation, second language learning, and stress in international student. Missouri :University of Central Missouri.

Nursalam. (2016). Metodologi Penelitian Ilmu Keperawatan.Jakarta: Selemba Medika.

Gonzales, Fernandez. 2015. Relationship between academic stress, social support, optimism pessimism, Journal of Researce in Educational Psychology

Puspita, Farras Cahya, dkk. 2018. Hubungan Stress terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa Tingkat Pertama Fakultas Kedokteran Universitas Lampung

Hamdu & Agustina. (2011). Pengaruh motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar IPA di sekolah dasar.Jurnal Penelitian Pendidikan. Vol 12 No.1 April 2011

Prayascitta. 2010. Hubungan antara Coping Stress dan Dukunga Sosial dengan Motivasi Belajar Remaja yang Orang Tuanya Bercerai

Shinta

Amirudin, Ikhwan. 2019. Stress dan Motivasi Belajar Mahasiswa Profesi Keperawatan

Deyisi, Demolingo, Dkk. Hubungan Stress dengan Motivasi Belajar pada Mahasiswa Semester V Program Studi Imu Keperawatan Fakultas Kedokteran Universitas SAM Ratulangi Manado.e-Journal Keperawatan Volume 6 Nomor 1. Mei 2018

Downloads

Published

2021-05-13

How to Cite

Astuti, L. ., Marleni, L. ., & Aini, L. . (2021). TINGKAT STRES TERHADAP MOTIVASI BELAJAR DI MASA PANDEMI CORONA VIRUS DISEASE 19 (COVID 19) PADA MAHASISWA KEPERAWATAN STIK SITI KHADIJAH PALEMBANG . Healthy Tadulako Journal (Jurnal Kesehatan Tadulako), 7(2), 68-74. https://doi.org/10.22487/htj.v7i2.64

Issue

Section

Articles