EFEKTIVITAS METODE PEER GROUP EDUCATION DENGAN METODE DEMONSTRASI TERHADAP KETERAMPILAN SADARI PADA SISWI SMKN 1 CIAMIS
DOI:
https://doi.org/10.22487/htj.v9i2.729Keywords:
Peer Group Education, demonstration, health education, BSEReferences
Amelia, coryna rizky. (2014). Pengaruh Pendidikan Kesehatan dengan Metode Pendidikan Sebaya terhadap Pengetahuan Remaja mengenai Sindrom Pramenstruasi. Jurnal Kedokteran Brawijaya, 28(2), 152–154. https://doi.org/10.21776/UB.JKB.2014.028.02.17
Bray, F., Ferlay, J., Soerjomataram, I., Siegel, R. L., Torre, L. A., & Jemal, A. (2018). Global cancer statistics 2018: GLOBOCAN estimates of incidence and mortality worldwide for 36 cancers in 185 countries. CA: A Cancer Journal for Clinicians, 68(6), 394–424. https://doi.org/10.3322/CAAC.21492
Bull, F. C., Al-Ansari, S. S., Biddle, S., Borodulin, K., Buman, M. P., Cardon, G., Carty, C., Chaput, J. P., Chastin, S., Chou, R., Dempsey, P. C., Dipietro, L., Ekelund, U., Firth, J., Friedenreich, C. M., Garcia, L., Gichu, M., Jago, R., Katzmarzyk, P. T., … Willumsen, J. F. (2020). World Health Organization 2020 guidelines on physical activity and sedentary behaviour. British Journal of Sports Medicine, 54(24), 1451–1462. https://doi.org/10.1136/BJSPORTS-2020-102955
Listiana, A. (2016). Analisis Faktor-Faktor yang Berhubungan Dengan Kejadian Anemia Gizi Besi pada Remaja Putri di SMKN 1 Terbanggi Besar Lampung Tengah. Jurnal Kesehatan, 7(3), 455–469. https://doi.org/10.26630/JK.V7I3.230
Pendidikan, E., Metode, K., Group, P., Rofi’ah, S., Widatiningsih, S., Vitaningrum, D., Kemenkes, P., Prodi, S., & Magelang, K. (2017). EFEKTIVITAS PENDIDIKAN KESEHATAN METODE PEER GROUP TERHADAP TINGKAT PENGETAHUAN DAN SIKAP PERSONAL HYGIENE SAAT MENSTRUASI. Jurnal Ilmiah Bidan, 2(2), 31–36. https://e-journal.ibi.or.id/index.php/jib/article/view/31
Purnani, W. T., & Qoni’ah, B. (2019). Efektivitas Pendidikan Kesehatan Metode Peer Group Education Dengan Metode Demonstrasi Terhadap Keterampilan Sadari. Journal of Public Health Research and Community Health Development, 2(1), 69. https://doi.org/10.20473/jphrecode.v2i1.16254
Putri, W. O. (2022). Pengaruh Metode Demonstrasi Pada Pembelajaran Tematik Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas Iii Sdn 5 Kota Bengkulu.
Rahman, I. A., Nurlatifah, E., & Fitriani, A. (2022). Meningkatkan Kemampuan Cuci Tangan dengan Metode Audio Visual. Jurnal Keperawatan, 14(1), 87–94. https://doi.org/10.32583/KEPERAWATAN.V14I1.38
Rahman, I. A., Supriadi, D., Fadilah, E. K., Kurniawan, R., Noviati, E., Sukmawaty, I., & Marliany, H. (2022). Community Knowledge of and Attitudes Towards the Implementation of Health Protocols to Prevent COVID-19. KnE Life Sciences, 2022, 22–31–22–31. https://doi.org/10.18502/KLS.V7I2.10283
Rahman, N. (2021). Gambaran Tingkat Pengetahuan dan Sikap Ibu PKK pada Pemeriksaan Payudara Sendiri (SADARI) dengan Pendekatan Trancultural Nursung.
Studi Ilmu Keperawatan Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Cirebon, P., & Lestari, S. (2019). PENGARUH PENDIDIKAN KESEHATAN MELALUI PEER GROUP TERHADAP PENGETAHUAN DAN SIKAP REMAJA PUTRI TENTANG SADARI. Jurnal Kesehatan, 10(2), 142–150. https://doi.org/10.38165/JK.V10I2.20
Sukmawati, I., Kusumawaty, J., Nurapandi, A., Apriliani Lestari, D., Noviaty, E., Rahayu, Y., & Muhammadiyah Ciamis, Stik. (2022). PENDIDIKAN KESEHATAN DENGAN METODE CERAMAH DAN AUDIOVISUAL TERHADAP PENGETAHUAN PEMERIKSAAN PAYUDARA SENDIRI (SADARI). Healthcare Nursing Journal, 4(2), 333–341. https://doi.org/10.35568/HEALTHCARE.V4I2.2410
Yulinda, A., & Fitriyah, N. (2018). PERBEDAAN PENGETAHUAN REMAJA TENTANG SADARI SEBELUM DAN SESUDAH PENYULUHAN KESEHATAN DI SMKN 5 SURABAYA. Jurnal Promkes: The Indonesian Journal of Health Promotion and Health Education, 6(2), 116–128.
Yunanto, T. A. R. (2019). Perlukah Kesehatan Mental Remaja? Menyelisik Peranan Regulasi Emosi dan Dukungan Sosial Teman Sebaya Dalam Diri Remaja. Jurnal Ilmu Perilaku, 2(2), 75. https://doi.org/10.25077/JIP.2.2.75-88.2018
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Healthy Tadulako Journal (Jurnal Kesehatan Tadulako)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.