PRSEPTAL AND ORBITAL CELLULITIS ASSOCIATED WITH TEMPORAL ABCESS : A RARE PRESENTATION

Authors

  • Regitha Madelin Yunserani Tanilino
  • Neneng Helijanti Sahuna
  • Ary Anggara
  • Vera Diana Towidjojo

Keywords:

selulitis preseptal, selulitis orbita, abses temporal

Abstract

Latar Belakang: Selulitis orbital adalah kondisi serius dan mengancam penglihatan yang disebabkan oleh infeksi invasif dari jaringan orbital posteptal, yang dapat terjadi akibat perluasan dari selulitis preseptal. Selulitis preseptal dapat terjadi sebagai komplikasi infeksi di daerah sekitarnya, seperti dari sinus paranasal dan odontogenik, dalam hal ini, infeksi sebelumnya adalah abses temporal.

Ringkasan Kasus: Seorang pria 64 tahun mengeluh nyeri mata kanan dan pembengkakan palpebra superior. Gejalanya dimulai sejak 20 hari dan 5 hari yang lalu menjadi lebih besar dan terdapat pus. 1 minggu sebelum gejala orbital timbul, pasien mengeluh kemerahan dan keluar nanah pada bagian temporal kanan tetapi tidak nyeri. Pada pemeriksaan, mata kirinya menunjukkan edema kelopak mata yang signifikan dengan proptosis, kemerahan, keputihan, kemosis, dan injeksi silia, dan ia juga menderita ophthalmoplegia. CT scan kepala dan orbita menunjukkan tonjolan di palpebra superior mata kanan dan infeksi temporal.

Diskusi: Selulitis orbital adalah infeksi rongga orbital, sedangkan selulitis preseptal adalah infeksi isi orbital anterior ke dalam septum orbital. Selulitis preseptal dan orbital yang terkait dengan perluasan infeksi ruang temporal adalah hal yang sangat jarang, dan insidennya tidak diketahui, tetapi telah dilaporkan sebuah kasus yaitu selulitis preseptal sekunder dari abses temporal intamuskuler

Kesimpulan: Abses temporal harus didiagnosis dan diobati segera, karena infeksi dapat menyebar menjadi selulitis preseptal dan berkembang menjadi selulitis orbital yang mengancam jiwa.

Downloads

Published

2021-07-06

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>