PENGARUH PERILAKU HIDUP BERSIH DAN SEHAT TERHADAP KEJADIAN DIARE PADA ANAK SEKOLAH

Authors

  • Ahmad Fikry Iqbal
  • Tri Setyawati
  • Vera Diana Towidjojo

Keywords:

Diarrhea, clean living behavior, school children.

Abstract

Latar Belakang : Diare termasuk dalam penyakit yang berbasis lingkungan dan terjadi di hampir seluruh daerah geografis di dunia yang menjadi Penyebab morbiditas dan mortalitas pada usia anak-anak terutama dikalangan masyarakat yang memiliki penghasilan rendah dan penghasilan menengah. Penanganan masalah kejadian diare pada kalangan anak usia sekolah memerlukan perhatian khusus dan kerja keras serta keseriusan dari seluruh komponen baik masyarakat, bangsa, dan Negara. Diare dideskripsikan sebagai buang air besar yang encer atau encer sebanyak tiga kali atau lebih dalam sehari. Infeksi biasanya menyebabkan diare akut. Etiologi noninfeksi lebih sering terjadi karena durasi diare menjadi kronis. Pengobatan dan manajemen didasarkan pada durasi dan etiologi spesifik. Terapi rehidrasi merupakan aspek penting dari pengelolaan setiap pasien dengan diare. Pencegahan diare menular termasuk mencuci tangan yang benar untuk mencegah penyebaran infeksi.

Tujuan : Tujuan dari systematic literature review ini adalah menganalisis pengaruh perilaku hidup bersih dan sehat terhadap kejadian diare pada anak sekolah.

Metode : Metode penelitian ini adalah systematic literature review. Tinjauan literatur terstruktur menggunakan data base terakreditasi seperti Science Direct, PubMed, Google Scholar dan IEEE Xplore.

Hasil : Berdasarkan hasil systematic literature review didapatkan 17 artikel jurnal yang mengemukakan bahwa ada hubungan antara perilaku cuci tangan pakai sabun dengan kejadian diare pada ada sekolah dan 4 artikel jurnal yang mengemukakan hasil tidak ada hubungan antara perilaku cuci tangan pakai sabun dengan kejadian diare pada ada sekolah.

Kesimpulan : Dari 20 artikel jurnal yang direview terdapat 17 jurnal yang menunjukkan bahwa ada hubungan antara perilaku hidup bersih dan sehat terhadap kejadian diare pada anak sekolah.

Downloads

Published

2023-05-22

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 5 > >>