SINDROM VOGT-KONAYAGI-HARADA : SEBUAH LAPORAN KASUS

Authors

  • Ni Luh Ayu Darmayanti
  • Santy Kusumawaty

Keywords:

Sindrom Vogt-Konayagi-Harada, Panuveitis granulomatosa bilateral, kortikosteroid

Abstract

Latar belakang

Sindrom Vogt-Konayagi-Harada (VKH) secara khas ditandai dengan panuveitis granulomatosa bilateral dan ablasi retina eksudatif berhubungan pula dengan manifestasi dermatologis dan neurosensorik. Pasien terbanyak pada usia antara 20 sampai 50 tahun, tetapi anak-anak dan orang tua dapat juga terkena. Sindrome VKH merupakan penyakit yang jarang terjadi sehingga melatar belakangi penulis untuk melaporkan kasus ini. Dilaporkan seorang penderita dengan berbagai gejala klinis dari sindrom VKH.

Kasus Pasien laki-laki umur 58 tahun datang dengan keluhan utama penglihatan di kedua mata kabur terutama pada mata kiri yang menurun secara progresif. Keluhan ini juga disertai dengan mata merah, nyeri pada mata dan fotophobia. Terjadi sejak 3 tahun yang lalu bersamaan dengan munculnya bercak putih pada wajah dan ekstrimitas pasien. Terdapat juga penurunan fungsi pendengaran. Riwayat trauma pada mata, nyeri sendi, hipertensi dan diabetes mellitus disangkal. Pada pemeriksaan mata didapatkan visus mata kanan 20/100 mata kiri 3/60. Pada pemeriksaan slitlamp didapatkan katarak pada kedua mata. Tekanan intra ocular kedua mata normal. Pada pemeriksaan USG terdapat penebalan koroid , vitreus jernih, dan retina intak.

Kesimpulan

Pasien memberikan respon kesembuhan yang baik pada gejala opthalmologis dengan pemberian kortikosteroid, walaupun demikian tanda dan gejala lain dari VKH mungkin dapat berlanjut. Terapi untuk sindrom VKH berupa kortikosteroid sistemik dosis tinggi.dan bila uveitis anteriornya berat, diberikan tambahan kortikosteroid topikal dengan pemakaian yang sering. Kortikosteroid aksi pendek seperti prednisolone, dapat diberikan dalam dosis 1-2 mg/kgBB/hari, kemudian ditappering sampai 6 bulan untuk mengurangi penyulit dan rekurensi.

Downloads

Published

2021-07-07

Most read articles by the same author(s)