PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN PERAWATAN TERHADAP KEPUASAN DAN LOYALITAS PASIEN KLINIK KECANTIKAN PRATAMA KOTA BEKASI

Authors

  • Johana Fitriani
  • Wahono Sumaryono
  • Derriawan

Keywords:

Quality beauty products, Quality of beauty care, Patient satisfaction,, atient loyalty,, Beauty Clinic.

Abstract

Hasil survey 17.889 perempuan di Indonesia menunjukkan perempuan Indonesia mengenal make up sejak berumur 13-15 tahun (41,9%), 36,4% remaja usia tersebut telah melakukan perawatan di klinik kecantikan. Data Dinkes Kota Bekasi menunjukkan jumlah klinik kecantikan di Kota Bekasi meningkat dari 297 menjadi 343 klinik pada tahun 2018. Data awal jumlah kunjungan pasien di Klinik Kecantikan dr. Jo, Klinik Estetika dan Klinik dr. Fauzyah menurun. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Kualitas Produk Dan Perawatan Kecantikan Terhadap Kepuasan Serta Dampaknya Pada Loyalitas Pasien di tiga Klinik Kecantikan Kota Bekasi. Metode penelitian yang dipakai deskriptif kausal. Survey kepada 225 yang dibagi secara proporsional, kemudian dianalisis SEM menggunakan Lisrell 8.0. Hasil Data menunjukkan Kualitas Produk berpengaruh signifikan terhadap Kepuasan Pasien (t observasi 4,357 > H01 1,96) tapi tidak berpengaruh signifikan terhadap Loyalitas (t observasi 0,684< H03 1,96). Kualitas Pelayanan Perawatan berpengaruh secara signifikan terhadap Kepuasan Pasien(t observasi 2,071 > H02 1,96) tapi tidak berpengaruh signifikan terhadap Loyalitas Pasien(t observasi -0,439 < H04 1,96). Kepuasan Pasien berpengaruh langsung secara signifikan terhadap loyalitas pasien (t observasi 4,095 > H05 1,96). Dari data ini disimpulkan bahwa untuk mendapatkan loyalitas pasien tiga klinik kecantikan ini harus memberikan kepuasan pasien dengan meningkatkan kualitas produk dan kualitas perawatannya.

Kata kunci : Kualitas produk Kecantikan; Kualitas Perawatan Kecantikan; Kepuasan Pasien; Loyalitas Pasien; Klinik kecantikan

Downloads

Published

2019-12-10