PENGARUH E-COMMERCE DAN KUALITAS PRODUK EMINA TERHADAP KEPUASAN SERTA DAMPAKNYA PADA LOYALITAS KONSUMEN PRODUK EMINA
Abstract
Salah satu pemanfaatan teknologi dalam industri kecantikan adalah penggunaan E-Commerce untuk kemudahan dalam pembelian produk kecantikan sehingga dapat meningkatkan kepuasan serta loyalitas konsumen. Salah satu produk yang telah menggunakan sistem e-commerce adalah produk emina. Pengembangan strategi pemasaran e-commerce yang diberlakukan oleh emina serta kualitas produk yang baik sangat membantu peningkatan penjualan perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh e-commerce dan kualitas produk Emina terhadap kepuasan serta dampaknya pada loyalitas konsumen proudk Emina. Sebanyak 155 responden yang berusia 13 – 50 tahun yang pernah menggunakan produk Emina dan pernah membeli produk Emina melalui situs e-commerce minimal satu kali dalam enam bulan terakhir. Pada penelitian ini analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan SEM ( Structural Equation Modelling program SPSS 25 dan AMOS 24. Hasil penelitian menunjukkan bahwa e-commerce berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen, dengan p-value = 0,014 (<0,05) dan koefisien sebesar 0,347. Kualitas produk berpengaruh posirif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen dengan p-value = 0,000 (<0,05) dan koefisien sebesar 0,546. Kepuasan berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas dengan p-value = 0,000 (<0,05) dan koefisien sebesar 0,798. E-commerce berpengaruh negatif terhadap loyalitas konsumen dengan p-value =0,23 dengan koefisien sebesar -0,408. Kualitas produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas konsumen dengan p-value =0,39 dan koefisien sebesar 0,416.
Kata kunci : : E-Commerce, Kualitas Produk, Kepuasan Konsumen, Loyalitas Konsumen