LAPORAN KASUS: RUPTUR UTERI INKOMPLIT DISERTAI INTRAUTERINE FETAL DEATH PADA PASIEN MULTIPARITAS

Authors

  • Helmy Fergiawan Suyanto Dj Ahmad
  • Tri Setyawati
  • Daniel Saranga

Keywords:

Ruptur uteri, inkomplit, intrauterine fetal death

Abstract

Pendahuluan : Ruptur uteri adalah komplikasi peripartum yang jarang terjadi pada sekitar 7/10000 individu, tetapi angka kejadian penyakit ini meningkat menjadi 20-80/10.000 pada ibu dengan defek pada uterus dan sebagian besar sebagai akibat dari riwayat operasi caesar sebelumnya.
Laporan kasus : Laporan ini menunjukkan pasien perempuan usia 31 tahun dengan usia kehamilan 37-38 minggu disertai perdarahan pervaginam dan intrauterine death. Penanganan diberikan untuk menekan progresifitas dari penyakit, menangani komplikasi dan mencegah komplikasi lainnya.
Kesimpulan : Ruptur uteri adalah robekan pada lapisan miometrium dan bisa menyebar hingga ke lapisan visceral peritoneum. Penatalaksanaan dari ruptur uteri adalah perbaiki keadaan umum, atasi syok dengan pemberian cairan dan darah, berikan antibiotika, oksigen. Tindakan bedah dapat dilakukan Menegakkan diagnosis rupture uteri ditinjau dari anamnesis, gambaran klinis yang dialami, pemeriksaan luar, pemeriksaan dalam, dan pemeriksaan penunjang. laparatomi seperti histerektomi dan histerorafi.

Downloads

Published

2021-07-06

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 5 > >>