GAMBARAN PENGGUNAAN APLIKASI M-POSYANDU SEBAGAI METODE DETEKSI DINI MASALAH GIZI DI KOTA PALU

Authors

  • Ketut Suarayasa
  • Bertin Ayu Wandira
  • Parmin

Keywords:

Balita, Aplikasi mobile-Posyandu dan Deteksi dini masalah gizi

Abstract

Latar Belakang : BerdasarkandatadariDinasKesehatanKotaPaludilaporkanpermasalahanstatusgizibalitayangbelumtertanganisecaramenyeluruhyaknistatusgizikurang dan gizi buruk. Salah satu penyebabnya adalah pencatatan manual yang masihtergolongkurangdalamhal

 

keakuratan data, yang diperoleh dari perhitungan berat badan dan umur balita. Sehingga Wahana Visi Indonesia meluncurkan project terkait penggunaan aplikasi M-Posyandu yang digambarkan memiliki kelebihan terkait manajemen, kecepatan dan keakuratan data.

Tujuan : untuk memperoleh gambaran penggunaan aplikasi mobile posyandu sebagai metode untuk deteksi dini masalah gizi di kota Palu.

Metode : Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan pendekatan studi kasus dan menggunakan instrument pedoman pertanyaan wawancara mendalam (Indepth Interview). Sampel berasal dari kader posyandu yang ada di Kecamatan Palu Utara, Kecamatan Taweli, dan Kecamatan Ulujadi. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling.

Hasil : 1) Data yang perlu di input meliputi : identitas balita, nama posyandu dan identitas keluarga; 2) Pencatatan langsung ke aplikasi; 3) Wawancara dilakukan terkait hasil pengukuran, imunisasi, ASI Exclusive dan MP-ASI; 4) Konseling dilakukan sesuai kesimpulan di aplikasi; 5) Pengiriman data bersifat otomotis dan online.

Kesimpulan : Tahapan dalam memanfaatkan aplikasi m-posyandu meliputi : memasukan data, pencatatan, wawancara bersama ibu balita mengenai kondisi balita, konseling dan pengiriman data yang dapat langsung diakses oleh lembaga yang berwewenang sebagai pemantauan cepat dan evaluasi. Aplikasi m-posyandu cukup efektiv membantu kader dalam deteksi dini masalah gizi.

Downloads

Published

2023-05-22

Issue

Section

Articles