HUBUNGAN KETAHANAN PANGAN RUMAH TANGGA NELAYAN DENGAN STATUS GIZI IBU WANITA USIA SUBUR (WUS) DI KABUPATEN BREBES

Authors

  • Niken Ayu Br Sinaga Universitas Airlangga
  • Annis Catur Adi Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Airlangga

DOI:

https://doi.org/10.22487/htj.v9i3.1017

Keywords:

Ketahanan pangan, status gizi, nelayan

Abstract

ini bertujuan untuk mengetahui hubungan pendapatan keluarga dan ketahanan pangan rumah tangga nelayan dengan status gizi ibu WUS (Wanita Usia Subur) di Kabupaten Brebes. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara ketahanan pangan rumah tangga nelayan dengan status gizi ibu WUS di Kabupaten Brebes.Penelitian ini merupakan penelitian korelasional dengan pendekatan kuantitatif dan metode yang digunakan adalah metode deskripsi analitik. Desain penelitian yang digunakan adalah studi potong lintang (cross sectional). Populasi penelitian adalah rumah tangga yang bermata pencaharian sebagai nelayan di Kabupaten Brebes berjumlah 4279 Rumah Tangga, sedangkan sampel dalam penelitian ini yaitu ibu WUS rumah tangga nelayan berjumlah 61 orang dengan menggunakan teknik sampel yaitu simple random sampling. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan instrumen kuisioner HFIAS untuk ketahanan pangan, instrumen kuisioner pendapatan untuk pendapatan keluarga, dan instrumen IMT untuk status gizi. Analisis data mengguanakan uji chi square dengan taraf signifikan. Hasil analisis hubungan antara ketahanan pangan dengan status gizi ibu WUS diperoleh nilai p-value 0,029 (a < 0,05) yang berarti terdapat Hubungan Tingkat ketahanan pangan dan status gizi WUS, sehingga H0 ditolak Ha diterima.

References

Algustinal, Al., dkk (2015). Alnallisis Ketalhalnaln Palngaln Rumalh Talnggal Berdalsalrkaln Proporsi Pengelualraln Palngaln Daln Konsumsi Energi. Algrisep. Alceh.

Duhal, Y. (2019). Hubungaln Ketalhalnaln Palngaln daln Mutu Gizi Palngaln (MGP) Rumalh Talnggal dengaln Staltus Gizi Walnital Usial Subur (Wus) di Desal Palluh Sibalji Kecalmaltaln Palntali Lalbu. Politeknik Kesehaltaln Medaln.

Hernanda, Putri, E.N., Indriani, Y., dan Kalsum, U. 2017. Pendapatan dan Ketahanan Pangan Rumah Tangga Petani Padi di Desa Rawan Pangan. Jurnal Ilmu Agribisnis Vol 5 No 3.

Nalibalho, E., & Alritonalng, E. Y. (2022). Hubungaln pendalpaltaln daln pengetalhualn gizi ibu dengaln ketalhalnaln palngaln kelualrgal di Kalbupalten Talpalnuli Tengalh. Tropicall Public Heallth Journall, 2(1), 18-23.

Nurdini, E. D., & Malhmudiono, T. (2020). Hubungaln staltus ketalhalnaln palngaln rumalh talnggal dengaln alnemial paldal ibu halmil (Studi di Desal Bektihalrjo Kecalmaltaln Semalnding Kalbupalten Tubaln). Medial Gizi Kesmals, 9, 17.

Susanti, A.F,. 2019. Hubungan Pendapatan dan Status Ketahanan Pangan Rumah Tangga di Wilayah Pesisir Kecamatan Sidoarjo Kabupaten Sidoarjo. Amerta Nutrition 3 (2), 100-106.

Susanti, E., Fauzi, T., dan Taufiqurrahman. 2015. Analisis Ketahanan Pangan Rumah Tangga Petani di Desa Ulee Lhat Kecamatan Montasik Kabupaten Aceh Besar. Jurnal Bisnis Tani 1(1).

Downloads

Published

2023-09-30

How to Cite

Sinaga, N. A. B., & Adi, A. C. (2023). HUBUNGAN KETAHANAN PANGAN RUMAH TANGGA NELAYAN DENGAN STATUS GIZI IBU WANITA USIA SUBUR (WUS) DI KABUPATEN BREBES. Healthy Tadulako Journal (Jurnal Kesehatan Tadulako), 9(3), 375-381. https://doi.org/10.22487/htj.v9i3.1017

Issue

Section

Articles