ANALISIS SOSIAL BUDAYA KONDISI PUTING SUSU DALAM PEMBERIAN ASI EKSKLUSIF DAN DAMPAKNYA DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS SOPA’AH PADEMAWU PAMEKASAN

Authors

  • Kinanatul Qomariyah Universitas Islam Madura

DOI:

https://doi.org/10.22487/htj.v6i3.145

Keywords:

ASI Eksklusif, Sosial Budaya

Abstract

Air susu ibu Eksklusif merupakan ASI yang diberikan kepada bayi sejak dilahirkan selama enam bulan tanpa menambahkan atau mengganti dengan makanan dan minuman lain. Peningkatan program ASI Eksklusif merupakan salah satu bentuk usaha pemerintah dalam hal pencapaian Milenium Development Goals pada tahun 2014 mengenai prevaleni gizi kurang dan gizi buruk. Fakta di Indonesia menunjukkan bahwa cakupan ASI Eksklusif sebagai salah satu bentuk peningkatan gizi bayi cenderung menurun pada 3 tahun terakhir ini. Tujuan Penelitian ini dalah untuk Menganalisis Sosial Budaya, Kondisi Puting Susu Ibu dalam pemberian ASI Eksklusif Dan Dampaknya di Puskesmas Sopa’ah Pademawu Pamekasan. Desain Penelitian ini kuntitatif yang digunakan adalah penelitian dengan menggunakan pendekatan cross sectional. Teknik sampling yang digunakan adalah simple random sampling dengan 103 responden. Teknik analisa data menggunakan uji  regresi logistik. Hasil penelitiaan menunjukkan bahwa faktor yang mempengaruhi pemberian ASI Eksklusif adalah sosial budaya, kondisi puting susu. Hasil analisa statistik menggunakan uji regresi logistik menunjukkan nilai signifikan 0,000 < (a = 0,05 ), artinya ada pengaruh sosial budaya,kondisi puting susu dalam pemberian ASI Eksklusif. Sosial budaya merupakan kebiasaan yang diciptakan manusia sebagai mahluk yang berbudaya berupa perilaku, dan organisasi sosial yang ditujukan untuk membantu manusia dalam melangsungkan kehidupan bermasyarakat.

Author Biography

Kinanatul Qomariyah, Universitas Islam Madura

Universitas Islam Madura

References

Poon K. Does in-hospital breastfeeding self-efficacy predict breastfeeding duration. Queen’s Univ. 2011.

Dinkes Provinsi Jatim. Profil Kesehatan Provinsi Jatim.; 2015. https://dinkes.jatimprov.go.id/userfile/dokumen/PROFIL KES_2015_revisi-340.pdf.

DEPKES. PROFIL KESEHATAN INDONESIA TAHUN 2013. Jakarta: Kementrian Kesehatan RI; 2014. http://www.kemkes.go.id.

Hidayat R. Hubungan Pengetahuan, Pekerjaan Dan Aspek Budaya Ibu Terhadap Pemberian Asi Eksklusif Pada Bayi Usia 0-6 Bulan Di Wilayah Kerja Puskesmas Kuok Kabupaten Kampar Tahun 2015. J Kesehat Masy STIKes Tuanku Tambusai. 2015.

Hidayati H, Dewi R. HUBUNGAN SOSIAL BUDAYA DENGAN KEBERHASILAN PEMBERIAN ASI EKSKLUSIF PADA IBU MENYUSUI DI POSYANDU WILAYAH DESA SRIGADING SANDEN BANTUL YOGYAKARTA. J Teknol. 2013.

Astuti LD, Kurniawati T. Analisa Hubungan Pengaruh Cara Menyusui dengan Kejadian Payudara Bengkak pada Ibu Postpartum. J Kebidanan. 2011;3(1):1-6.

DWI P. Perawatan payudara pada puting susu terbenam. http://bidandwinasyfah.blogspot.com/2016/02/asuhan-kebidanan-pada-masa-nifas.html. Published 2016.

Safri M, Rahman Putra A. HUBUNGAN FAKTOR PENGETAHUAN, SIKAP, PENDIDIKAN, SOSIAL BUDAYA, EKONOMI KELUARGA SERTA PERAN PETUGAS KESEHATAN TERHADAP RENDAHNYA PEMBERIAN ASI EKSKLUSIF. J Kedokt Syiah Kuala. 2013;13(1):23-32.

Sari N, Ismar, Nazriati E. Gambaran Ileus Obstruktif pada Anak di RSUD Arifon Achmad Provinsi Riau Periode Januari 2012-Desember 2014. J Online Mhs Fak Kedokt. 2015;2(2).

Downloads

Published

2020-09-08

How to Cite

Qomariyah, K. . (2020). ANALISIS SOSIAL BUDAYA KONDISI PUTING SUSU DALAM PEMBERIAN ASI EKSKLUSIF DAN DAMPAKNYA DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS SOPA’AH PADEMAWU PAMEKASAN. Healthy Tadulako Journal (Jurnal Kesehatan Tadulako), 6(3), 41-51. https://doi.org/10.22487/htj.v6i3.145

Issue

Section

Articles