DAMPAK MEDIA IKLAN (BILLBOARD ROKOK) TERHADAP PERILAKU MEROKOK SISWA DI SMK NEGERI 3 PALU

Authors

  • Herman Kurniawan Bagian Promosi Kesehatan, Program Studi Kesehatan Masyarakat Fakultas Kedokteran Dan Ilmu Kesehatan Universitas Tadulako, Jl. Soekarno Hatta KM 9, Palu, 94116, Indonesia
  • Adhar Arifuddin Bagian Epidemiologi, Program Studi Kesehatan Masyarakat Fakultas Kedokteran Dan Ilmu Kesehatan Universitas Tadulako, Jl. Soekarno Hatta KM 9, Palu, 94116, Indonesia
  • Masrida Masrida Bagian Promosi Kesehatan, Program Studi Kesehatan Masyarakat Fakultas Kedokteran Dan Ilmu Kesehatan Universitas Tadulako, Jl. Soekarno Hatta KM 9, Palu, 94116, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.22487/htj.v3i1.42

Keywords:

Iklan Billboard Rokok, Perilaku Merokok, Siswa

Abstract

Perilaku merokok pada siswa tidak terlepas dari peran media iklan rokok salah satunya billboard yang
digunakan oleh industri rokok untuk memasarkan produk rokok. Data RISKESDAS dilaporkan perilaku
merokok remaja usia 15 tahun keatas meningkat tahun 2013 sebanyak 36,3%. Kasus merokok di SMK
Negeri 3 Palu 49 kasus tahun 2014. Penelitian bertujuan untuk mengetahui dampak media iklan billboard
rokok terhadap pengetahuan, sikap dan tindakan pada remaja di SMK Negeri 3 Palu. Jenis penelitian
kualitatif menggunakan triangulasi sumber dengan teknik purposive sampling. Informan dalam penelitian
ini yaitu 2 informan kunci, 1 informan tambahan dan 10 informan biasa. Hasil penelitian ini
menunjukkan bahwa siswa SMK Negeri 3 Palu memiliki pengetahuan tentang rokok dari iklan yang
terdapat di billboard rokok, sikap ingin merokok setelah melihat iklan pada billboard rokok, dan tindakan
membeli serta mengkonsumsi rokok yang diiklankan di billboard. Dampak dari media iklan billboard
memiliki pengaruh terhadap tindakan merokok siswa SMK Negeri 3 Palu. Hasil penelitian disarankan
kepada pihak sekolah untuk memberikan pendidikan yang efektif mengenai dampak buruk yang
diakibatkan karena merokok. Bagi pihak dinas terkait untuk meniadakan atau memperketat aturan
periklanan terhadap rokok, salah satunya iklan billboard rokok yang dapat berdampak bagi perilaku
remaja serta pembatasan iklan, promosi, dan sponsor rokok secara komprehensif

Author Biographies

Herman Kurniawan, Bagian Promosi Kesehatan, Program Studi Kesehatan Masyarakat Fakultas Kedokteran Dan Ilmu Kesehatan Universitas Tadulako, Jl. Soekarno Hatta KM 9, Palu, 94116, Indonesia

Fakultas Kedokteran Dan Ilmu Kesehatan Universitas Tadulako, Jl. Soekarno Hatta KM 9, Palu, 94116, Indonesia

Adhar Arifuddin, Bagian Epidemiologi, Program Studi Kesehatan Masyarakat Fakultas Kedokteran Dan Ilmu Kesehatan Universitas Tadulako, Jl. Soekarno Hatta KM 9, Palu, 94116, Indonesia

Fakultas Kedokteran Dan Ilmu Kesehatan Universitas Tadulako, Jl. Soekarno Hatta KM 9, Palu, 94116, Indonesia

Masrida Masrida, Bagian Promosi Kesehatan, Program Studi Kesehatan Masyarakat Fakultas Kedokteran Dan Ilmu Kesehatan Universitas Tadulako, Jl. Soekarno Hatta KM 9, Palu, 94116, Indonesia

Fakultas Kedokteran Dan Ilmu Kesehatan Universitas Tadulako, Jl. Soekarno Hatta KM 9, Palu, 94116, Indonesia

Downloads

Published

2020-11-15

How to Cite

Kurniawan, H. ., Arifuddin, A., & Masrida, M. (2020). DAMPAK MEDIA IKLAN (BILLBOARD ROKOK) TERHADAP PERILAKU MEROKOK SISWA DI SMK NEGERI 3 PALU. Healthy Tadulako Journal (Jurnal Kesehatan Tadulako), 3(1), 71-84. https://doi.org/10.22487/htj.v3i1.42

Issue

Section

Articles