PENINGKATAN PENGETAHUAN GIZI MELALUI PERMAINAN INCREASED NUTRITION KNOWLEDGE THROUGH GAMES

Authors

  • Nikmah Utami Dewi Bagian Gizi, Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Tadulako.
  • Diah Ayu Hartini Bagian Gizi, Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Tadulako.
  • Yusma Indah Jayadi Bagian Gizi, Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Tadulako.
  • Abd. Rahman Kesehatan Reproduksi, Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Tadulako

DOI:

https://doi.org/10.22487/htj.v4i1.59

Keywords:

edukasi gizi, pengetahuan, permainan, remaja

Abstract

Program pendidikan kesehatan dan gizi pada anak sekolah merupakan salah satu cara untuk menerapkan intervensi kesehatan global secara sederhana dan efektif untuk memperoleh pendidikan yang lebih luas. Edukasi gizi melalui permainan merupakan salah satu cara yang efektif untuk meningkatkan pengetahuan anak tentang pentingnya gizi seimbang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan pengetahuan gizi melalui edukasi dalam bentuk permainan. Penelitian ini merupakan jenis penelitian eksperimen semu (quasy experiment) dengan rancangan randomizedpre-post test design. Responden terdiri atas siswa-siswi Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan Madrasah Tsanawiyah (MTs) di Kota Palu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa setelah mendapatkan edukasi gizi melalui permainan menunjukkan peningkatan pengetahuan di tiga sekolah, sedangkan satu sekolah lainnya tidak terjadi peningkatan pengetahuan. Hal ini disebabkan oleh waktu penyuluhan yang kurang tepat.

Author Biographies

Nikmah Utami Dewi, Bagian Gizi, Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Tadulako.

Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Tadulako.

Diah Ayu Hartini, Bagian Gizi, Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Tadulako.

Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Tadulako

Yusma Indah Jayadi, Bagian Gizi, Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Tadulako.

Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Tadulako

Abd. Rahman, Kesehatan Reproduksi, Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Tadulako

Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Tadulako

References

Andriani Merryana dan Wirjatmadi Bambang. (2012). Peranan Gizi Dalam Siklus Kehidupan. Kencana Prenada Media Grup, Jakarta.

Arisman. (2004). Gizi dalam Daur Kehidupan: Buku Ajar Ilmu Gizi. Kedokteran EGC, Jakarta.

Contento IR. (2006). Nutrition Education Linking Research Teory n Practice. Johnes & Barletts Publishers, Sudbury.

Demitri, Athira. (2015). Pengaruh Pendidikan Gizi Tentang Pola Makan Seimbang Melalui Game Puzzle Terhadap Peningkatan Pengetahuan Anak SDN 067690 Kota Medan. Jurnal Gizi FKM Universitas Sumatera Utara.

Dongoran, Siti Nuraini, dkk.(2015). Kecukupan Energi dan Protein Serta Status Gizi Siswa SMP yang Mendapat Makan Siang dan Tidak Mendapat Makan Siang Dari Sekolah dengan

Sistem Fullday School. FKM Universitas Sumatera Utara.

Friel S, Kelleher C, Campell P, Nolan G.(1999).Evaluation of the Nutrition Education at Primary School (NEAPS) Programme. Public Health Nutr. 2(4):549-55.

Judarwanto, Widodo. (2008). Perilaku Makan Anak Sekolah. Picky Eaters Clinic.

Jukes MCH, Drake LJ & Bundy DAP.(2008). School Health, Nutrition and Education For All Levelling the Playing Field. CABI Internasional. USA.

Khomsan, A. (2003). Teknik Pengukuran Pengetahuan Gizi. Insitut Pertanian Bogor, Bogor.

Hariyanti, N, dkk. (2008). Mengatasi Kegagalan Penyuluhan Kesehatan Gigi pada Anak dengan Pendekatan Psikologi. Dentika Dental Journal. Vol 13. No 1.

Healthy People.(2010). Volume II. Department of Health and Human Services. 2000. HealthyPeople 2010. 2nd ed. With Understanding and Improving Health and Objectives for

Improving Health. 2 vols. Washington, DC: U.S.Government Printing Office.

Hendrayati, dkk. (2010). Pengetahuan Gizi, Pola Makan dan Status Gizi siswa SMP Negeri 4 Tompobulu Kabupaten Bantaeng. Media Gizi Pangan, Vol. IX, Edisi 1, Januari – Juni.

Ismail, A. (2009). Education Games. Pro-U Media, Yogyakarta.

Machfoedz I, Suryani S. (2007). Pendidikan Kesehatan Bagian dari Promosi Kesehatan. Fitramaya, Yogyakarta.

Notoatmodjo, S. (2010). Pendidikan dan Perilaku Kesehatan. PT. Rineka Cipta, Jakarta.

Riyadi, S, & Sukarmin. (2009). Asuhan Keperawatan pada Anak. Graha Ilmu, Yogyakarta.

Rusli, M & Gondhoyoewono, T. (2012). Pengaruh Metode Bermain Terhadap Penyuluhan Kesehatan Gigi dan Mulut.

Suhardjo. (2003). Berbagai Cara Pendidikan Gizi. Bumi Aksara, Jakarta.

Supariasa, dkk. (2013). Penilaian Status Gizi. Penerbit buku kedokteran EGC, Jakarta.

Tuzzahroh, Fatima.(2015). Pengaruh Penyuluhan GiziSeimbang dengan Media Video, Poster dan Permainan Kwartet Gizi Terhadap Pengetahuan Gizi dan Status Gizi Siswa Di Sekolah Dasar Negeri Karangasem III KotaSurakarta. Skripsi Program Studi Ilmu Gizi Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Muhammmadiyah Surakarta.

Downloads

Published

2020-11-27

How to Cite

Utami Dewi, N., Ayu Hartini, D., Indah Jayadi, Y., & Rahman, A. (2020). PENINGKATAN PENGETAHUAN GIZI MELALUI PERMAINAN INCREASED NUTRITION KNOWLEDGE THROUGH GAMES. Healthy Tadulako Journal (Jurnal Kesehatan Tadulako), 4(1), 20-27. https://doi.org/10.22487/htj.v4i1.59

Issue

Section

Articles