OCULOCARDIAC REflEX: TWO EPISODES OF INTRAOPERATIVE BRADHYCARDIA INDUCED BY OCULI EVISCERATION UNDER GENERAL ANESTHESIA- A RARE CASE REPORT

Authors

  • Fiona Febriyanti
  • Imtihanah Amri
  • Muhammad Nasir

Keywords:

Refleks Okulokardiak, Refleks Trigeminovagal, Bradikardi, Anestesi, Eviserasi, Okuli

Abstract

Refleks okulokardiak (OCR) adalah respon fisiologis mendadak yang disebabkan oleh adanya manipulasi mekanis pada mata, kelopak mata, atau struktur orbital yang dapat mengarah ke berbagai efek samping termasuk bradikardia, aritmia, atau dalam beberapa kasus henti jantung. Refleks okulokardiak terjadi karena efek tekanan atau peregangan saraf trigeminal yang menyebabkan penurunan tekanan darah dan penurunan 20% atau lebih dari denyut jantung. Situasi ini dipicu oleh kompresi okular atau traksi pada otot-otot ekstraokular.

Dua episode refleks okulokardiak bukanlah fenomena yang umum terjadi. Laporan kasus ini menggambarkan kejadian bradikardia yang mendadak, produktif, dan refleksif terhadap manipulasi struktur okular selama tindakan eviserasi mata pada seorang pasien wanita berusia 48 tahun, yang didiagnosis dengan trauma tembus intraokular yang disebabkan oleh kecelakaan kendaraan bermotor. Eviserasi dilakukan dan dua episode spontan refleks okulokardiak terlihat secara intraoperatif. Manajemen refleks okulokardiak intraoperatif dilakukan dengan menghentikan stimulus atau manipulasi pada mata dan refleks ini diblokir oleh penggunaan obat antikolinergik. Gejala pada pasien sepenuhnya teratasi dengan kembalinya denyut jantung normal. Identifikasi segera termasuk pencegahan refleks okulokardiak dan bagaimana mengelola terjadinya refleks ini dapat mencegah morbiditas atau mortalitas. Komunikasi dan kolaborasi antara ahli anestesi dan ahli bedah sangat penting dalam operasi mata.

Downloads

Published

2021-07-06

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>