HERPES ZOSTER : CASE REPORT

Authors

  • Ivana Minel Sintise Ivana
  • Diany Nurdin
  • Tri Setyawati

Keywords:

Herpes Zoster, Virus Varicella Zoster

Abstract

Pendahuluan : Herpes Zoster terjadi pada orang yang pernah menderita varisela sebelumnya karena varisela dan Herpes Zoster disebabkan oleh virus yang sama yaitu virus varisela zoster. Setelah sembuh dari varisela, virus yang ada di ganglion sensoris tetap hidup dalam keadaan tidak aktif dan aktif kembali jika daya tahan tubuh menurun.
Laporan kasus : Laporan ini menunjukkan pasien laki-laki usia 30 tahun dengan keluhan bentol kemerahan yang disertai dengan rasa gatal dan nyeri berlangsung kurang lebih 1 minggu. Pasien tidak ada riwayat terkena penyakit Varicella namun menderita gejala-gejala Herpes Zoster. Penanganan diberikan untuk menekan progresifitas dari penyakit, menangani komplikasi dan mencegah komplikasi lainnya.

Kesimpulan : Mekanisme yang terlibat dalam reaktivasi virus varisella zoster tidak jelas, tetapi reaktivasi telah dikaitkan dengan imunosupresi; stres emosional, trauma, depresi, penyakit fisik, dll. Yang paling penting, adalah penurunan sistem imun yang terjadi seiring bertambahnya usia. Virus ini dapat aktif kembali tanpa menghasilkan penyakit yang jelas, maka untuk itu, pencegahan terpenting adalah dengan selalu meningkatkan imunitas tubuh dengan olahraga, dan makan makanan bergizi.

Downloads

Published

2021-07-06

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 5 > >>