CORRELATION OF NUTRITIONAL STATUS WITH DIARRHEA IN KAWATUNA HEALTHCARE OF 2019

Authors

  • Riswandha
  • Indah Puspasari Kiay Demak
  • Tri Setyawati

Keywords:

Diare, Status gizi

Abstract

Latar belakang. Diare adalah defekasi encer lebih dari tiga kali sehari, dengan atau tanpa darah dan/atau berlendir dalam feses, Diare disebabkan oleh faktor infeksi, malabsorbsi (gangguan penyerapan zat gizi), makanan dan faktor psikologis. Infeksi mempengaruhi status gizi melalui penurunan asupan makanan, penurunan absorpsi makanan di usus, meningkatkan katabolisme, dan mengambil nutrisi yang diperlukan tubuh untuk sintesis jaringan dan pertumbuhan. Di samping itu, malnutrisi bisa menjadi faktor predisposisi terjadinya infeksi karena menurunkan pertahanan tubuh dan mengganggu fungsi kekebalan tubuh manusia.

Tujuan. Untuk mengetahui apakah ada hubungan antara status gizi dengan kejadian diare di puskesmas kawatuna tahun 2019.
Metode. Penelitian ini menggunakan metode observasional dengan desain Cross-sectional. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik consecutive sampling. Jumlah sampel 50 orang yang didiagnosis diare dan bukan diare yang sesuai dengan kriteria inklusi dan ekslusi. Instrumen penelitian menggunakan Timbangan dan Rekam Medik. hubungan antara status gizi dengan kejadian diare di puskesmas kawatuna dianalisis dengan menggunakan uji Koefisiensi Kontingensi.

Hasil. mayoritas responden memiliki Status gizi Normal 31 orang (62%).kejadian diare dan bukan diare didapatkan masing-masing sebanyak 25 orang. Pada uji koefisiensi kontingensi nilai p = 0,258 (>0,05) artinya tidak terdapat hubungan antara status gizi dengan kejadian diare.

Kesimpulan. Tidak hubungan antara status gizi dengan kejadian diare di puskesmas kawatuna

Downloads

Published

2021-07-07

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 > >>