Hidrosalping : Laporan Kasus Hydrosalping: Case Report

Authors

  • Shafira Nurul Rifha Meutia Tadulako University
  • I Putu Fery Immanuel White Tadulako University
  • Imtihana Amri Tadulako University

Keywords:

Hidrosalping, Kista ovarium, Salpingoovorektomi

Abstract

Pendahuluan : Kelainan tuba seperti hidrosalping merupakan salah satu penyebab infertilitas. Hidrosalping dapat mengenai unilateral atau bilateral terutama yang disebabkan oleh karena adanya peradangan panggul akut atau kronis. Hidrosalping biasanya tidak menunjukkan gejala tetapi mungkin berhubungan dengan dispareunia dan nyeri panggul kronis. Insidensi diperkirakan 1 dalam 500.000 perempuan. Hidrosalping dapat didiagnosis dengan histerosalpingogram atau dengan menggunakan laparoskopi dengan atau tanpa kromopertubasi.

Tujuan : Melaporkan kasus penyakit kista ovarium dextra dengan Hydrosalpinx.

Laporan Kasus : Kasus seorang pasien wanita usia 37 tahun dengan keluhan nyeri perut regioo iliaca dextra dan didiagnosis dengan kista ovarium dextra dan Hydrosalpinx yang didapatkan dari hasil post laparotomi.

Hasil : Terdapat kista ovarium berdasarkan hasil USG dan giant hydrosalpinx dimana terjadi pembesaran tuba fallopi akibat akumulasi cairannya.

Kesimpulan : Dilakukan tindakan salpingoovorektomi dextra dan salpingektomi sinistra sebagai prinsip dasar manajemen dan terapi pasien hidrosalping.

Downloads

Published

2023-05-21

Most read articles by the same author(s)