PENGETAHUAN DAN SIKAP ORANG TUA TERHADAP KEJADIAN PENYAKIT DEMAM BERDARAH DENGUE (DBD) ANAK DI PUSKESMAS KAMONJI KOTA PALU

Authors

  • Ingrit Nadya Dwi Putra
  • Ary Anggara
  • M. Sabir

Keywords:

Pengetahuan, Sikap, Penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD).

Abstract

Latar Belakang: Penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD), disebabkan oleh virus dengue yang ditularkan melalui gigitan nyamuk Aedes Aegypti dan Aedes Albopictus. Banyak ditemukan di daerah tropis dan sub tropis. Data dunia menunjukkan Asia menduduki urutan pertama jumlah penderita Demam Berdarah Dengue (DBD) setiap tahun. Penyakit ini merupakan salah satu masalah kesehatan masyarakat utama di Indonesia. Indonesia merupakan negara tropis, sehingga merupakan daerah penyebaran sekaligus daerah endemis yang menyebabkan tingginya angka kesakitan.

Metode: Desain penelitian ini adalah penelitian observasional analitik dengan pendekatan metode cross sectional.

Hasil: Hasil uji statistik pada variabel pengetahuan dengan menggunakan Chi-Square menunjukkan p = 0,015. Nilai p = 0,015 (p<0,05) menunjukkan bahwa terdapat hubungan pengetahuan orang tua terhadap kejadian penyakit Demam Berdarah Dengue  (DBD) anak di Puskesmas Kamonji Palu. Hasil uji statistik pada variabel sikap dengan menggunakan Chi-Square menunjukkan p = 0,002. Nilai p = 0,002 (p<0,05) menunjukkan bahwa terdapat hubungan sikap orang tua terhadap kejadian penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD) anak di Puskesmas Kamonji Palu.

Kesimpulan: Terdapat hubungan antara pengetahuan dan sikap orang tua terhadap kejadian DBD pada anak di Puskesmas Kamonji Palu Bulan Januari-Juni 2018.  

Downloads

Published

2022-12-20

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 5 > >>