URTIKARIA PADA PEREMPUAN USIA 39 TAHUN : LAPORAN KASUS

Authors

  • Moh. Wahid Agung
  • Diany Nurdin
  • M. Sabir

Keywords:

Urtikaria,, akut, kronik

Abstract

Latar Belakang : Urtikaria adalah reaksi pada kulit akibat bermacam-macam sebab, Urtikaria terdiri dari berbagai kondisi ditandai dengan munculnya edema (bengkak) setempat yang timbul secara mendadak dan menghilang perlahan- lahan, berwarna kemerahan dan pucat, meninggi di permukaan kulit dan terasa gatal. Urtikaria akut memiliki durasi kurang dari 6 minggu sedangkan urtikaria kronik lebih dari 6 minggu. Faktor risiko urtikaria antara lain; riwayat atopi pada diri dan keluarga, riwayat alergi, riwayat trauma fisik pada aktifitas, riwayat gigitan/sengatan serangga, konsumsi obat-obatan (NSAID, antibiotik tersering penisilin, diuretik, imunisasi,injeksi, hormon, pencahar, dan sebagainya), konsumsi makanan (telur, udang, ikan, kacang, dan sebagainya), riwayat infeksi dan investasi parasit, penyakit autoimun dan kolagen, usia rata-rata adalah 35 tahun, dan riwayat trauma faktor fisik (panas, dingin, sinar matahari, sinar UV, radiasi).
Ringkasan Kasus :.Kasus ini merupakan kasus pada seorang pasien perempuan berusia 39 tahun yang ke poliklinik kulit dan kelamin RSUD Undata Palu dan didiagnosis dengan urtikaria
Kesimpulan : Urtikaria merupakan reaksi kulit yang disebabkan oleh berbagai macam hal, penegakan diagnosis yang komprehensif diperlukan untuk menentukan etiologi dari urtikaria. Pengobatan urtikaria meliputi pemberian anti histamin dan kortikosteroid. Urtikaria kronik memerlukan penanganan khusus dari dokter spesialis kulit dan kelamin.

Downloads

Published

2021-07-06

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 > >>