FAKTOR DIABETES MELLITUS NEONATUS: TINJAUAN LITERATUR

Authors

  • Isra Nofitri
  • Muhammad Nasir

Keywords:

Diabetes Mellitus Neonatal

Abstract

Latar Belakang: Diabetes mellitus neonatal (NDM) adalah suatu bentuk insulin yang dihasilkan dari diabetes monogenik, yang dimana diabates monogenik yaitu diabetes yang dihasilkan dari pewarisan mutasi pada gen tunggal, pada bayi tersebut sering ditemukan hiperglikemia. Diabetes mellitus neonatus (NDM) sekitar 10% berhubungan dengan sindrom. Kasus dengan mutasi PTF1A, yang merupakan penyebab diabetes sindrom, memiliki agenesis pankreas dan serebelar, yang menunjukkan diabetes neonatal. Dalam kasus juga memiliki penampilan dysmorphic dengan wajah  yang menyerupai seperti segitiga, dagu yang kecil dan kelainan pada ekstremitas, termasuk kekakuan pada sendi

METODE: Pencarian literatur dilakukan melalui beberapa database jurnal yaitu pubmed, proquest, portal garuda, sciendirect dan Jurnal Scientific Indonesia melalui google scholar. Pencarian ini bertujuan untuk menemukan informasi berkaitan dengan faktor diabetes mellitus neonatus . Pencarian literatur dilakukan dengan menggunakan kata kunci “diabates mellitus”

KESIMPULAN: Diabates mellitus neonatus (NDM)  adalah suatu penyakit yang dapat diturunkan melalui mutasi gen dari orang tua.  Diabates mellitus neonatal (NDM) dapat dibagi menjadi dua, yaitu diabataes melllitus neonatal permanen (PNDM) dan diabates mellitus neonatal sementara (TNDM).

Downloads

Published

2023-05-22

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>