SKABIES : LAPORAN KASUS

Authors

  • Suci Nurmawaddah
  • Diani Nurdin
  • Muhammad Ardi Munir

Keywords:

Skabies, Terowongan, Tungau, Penyakit menular, Edukasi

Abstract

Pendahuluan : Skabies adalah penyakit kulit yang disebabkan oleh infestasi dan sensitisasi terhadap Sarcoptes scabie var hominis,  yaitu kutu parasit yang mampu menggali terowongan di kulit dan menyebabkan rasa gatal. Kesadaran masyarakat mengenai pentingnya penyakit ini untuk segera di obati karena merupakan penyakit menular masih rendah dan banyak masyarakat yang masih belum mengerti bahwa seluruh anggota keluarga yang tinggal bersama harus diobati secara keseluruhan.

Laporan kasus : Laporan ini memaparkan kasus pasien anak usia 6 tahun dengan timbulnya bercak kemerahan pada tangan dan kaki disertai gatal yang dirasakan sejak + 2 minggu yang lalu. Saat merasa gatal pasien sering menggaruk sehingga menyebabkan luka pada daerah yang digaruk. Pasien sudah berobat yang kedua kalinya karena pengobatan pertama mengalami kekambuhan. 

Kesimpulan : Upaya pencegahan melalui peningkatan pengetahuan dan edukasi kepada masyarakat khususnya keluarga penderita skabies lebih efektif untuk mencegah kekambuhan dan penularan.

Downloads

Published

2023-05-24

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>