LYMPHANGIOMA IN THE NECK OF 8 YEARS OLD CHILDREN

Authors

  • Yeti Eka Nurdianasari
  • Roberthy D Maelissa
  • Muhammad Ardi Munir

Abstract

Latar Belakang: Limfangioma merupakan tumor jinak pada pembuluh limfe yang sangat jarang terjadi dengan tingkat insidensi 1-2 kejadian per 1000 kelahiran hidup. Pada limfangioma lebih sering terjadi pada anak-anak dibandingkan orang dewasa dengan lokasi paling sering yaitu di daerah kepala, leher dan axilla. Salah satu komplikasi yang dapat terjadi pada limfangioma jika berada di daerah kepala dan leher yaitu adanya obstruksi pernapasan sehingga perlu dilakukan

identifikasi secara dini untuk menghindari komplikasi tersebut.

Laporan Kasus: Seorang anak perempuan usia 8 tahun datang ke RSUD Undata Palu dengan keluhan benjolan pada leher kiri yang dirasakan sejak pasien lahir dan bertambah besar seiring bertambahnya usia. Tidak terasa nyeri dan warna sama dengan kulit sekitar. Terdapat massa dengan konsisten padat, batas tegas dan mobile, ukuran ± 3 cm pada regio supraclavicular sinistra.

Kesimpulan: Limfangioma pada anak sering asimtomatik terutama jika limfangioma berada di luar daerah kepala atau leher. Tindakan eksisi harus dilakukan lebih cepat untuk menghindari komplikasi seperti infeksi, obstruksi pernapasan, ulserasi, kesulitan makan dan bicara serta ke- matian.

Kata kunci : limfangioma, anak-anak

Downloads

Published

2021-06-26

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>