DYSHIDROTIC ECZEMA: LAPORAN KASUS

Authors

  • Vebby Ulfadhilla FK UNTAD
  • Asrawati Sofyan
  • Muhammad Ardi Munir

Keywords:

dyshidrotic eczema, pompholix

Abstract

Pendahuluan : Dyshidrotic eczema merupakan salah satu bentuk dermatitis yang terjadi pada tangan dan kaki yang ditandai dengan akumulasi cairan berupa vesikel atau bula. Angka kejadiannya termasuk jarang yakni sekitar 5-20% dari seluruh dermatitis tangan. Tanda dan gejala akut dari dyshidrotic eczema terkadang sukar dibedakan dengan dermatitis pada tangan lainnya, serta pengetahuan penderita tentang faktor-faktor pemicu timbulnya dyshidrotic eczema masih kurang sehingga sering terjadi rekurensi pada penyakit ini.
Laporan kasus : Laporan ini memaparkan kasus pasien perempuan berusia 40 tahun dengan keluhan gatal pada daerah telapak tangan dan telapak kaki yang di alami sejak 3 hari. Rasa gatal dirasakan seperti di tusuk-tusuk dan berlangsung setiap saat terutama pada malam hari. Gatal muncul pertama kali pada telapak tangan dengan kulit berwarna kemerahan, kemudian muncul bintik kecil yang berisi cairan. Hal yang sama juga terjadi pada telapak kaki.
Kesimpulan : Manifestasi akut dyshidrotic eczema berupa gatal yang muncul tiba- tiba diikuti timbulnya eritema dan vesikel, namun dapat dicegah secara efektif dengan edukasi terhadap faktor-faktor pemicunya.

Downloads

Published

2023-09-22

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 > >>