KARAKTERISTIK DAN MEKANISME KOPING ORANG TUA ANAK USIA SEKOLAH SELAMA PEMBELAJARAN DARING DI SD 10 KOTA PALU

Authors

  • Andi Saifah Universitas Tadulako
  • Hayati Palesa Program Studi D-III Keperawatan Fakultas Kedokteran Universitas Tadulako
  • Elsa Aulia Sari Program Studi D-III Keperawatan Fakultas Kedokteran Universitas Tadulako
  • Lenny Program Studi Keperawatan Politeknik Kesehatan Kementerian Kesehatan Palu

DOI:

https://doi.org/10.22487/htj.v10i1.1093

Keywords:

Adaptif, Maladaptif, Orangtua, Daring

Abstract

Pembelajaran daring membuat beberapa orang tua stress dan sulit beradaptasi. Tujuan penelitian untuk mengidentifkasi hubungan karakteristik dan mekanisme koping orang tua anak usia sekolah di SD Negeri 10 Palu. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif analitik dengan desain cross sectional. Semua  populasi menjadi sampel sebanyak 30 responden. Alat ukur yang digunakan adalah kuesioner google form. Penelitian dilaksanakan bulan Mei 2021 dilakukan secara online. Uji statistik adalah uji Fisher, tingkat kemaknaan 95% (p value < 0,05). Hasil penelitian adalah sebagian besar jenis kelamin perempuan (76,67%), pendidikan SMA (63,33%), golongan umur dewasa akhir (66,67%), koping adaptif (66,67%). Tidak terdapat hubungan bermakna antara karakteristik dan mekanimse koping orangtua anak usia sekolah selama pembelajaran daring (p value > 0,05). Diharapkan orang tua yang masih menggunakan koping maladaptif untuk menerima situasi dan kondisi dengan pikiran yang jernih, sabar, berusaha memahami materi pelajaran anak saat mendampingi anak belajar secara daring/online dan program kesehatan sekolah perlu melakukan pembinaan pada keluarga yang koping tidak efektif

Downloads

Published

2024-01-30

How to Cite

Saifah, A., Palesa, H., Sari, E. A., & Lenny. (2024). KARAKTERISTIK DAN MEKANISME KOPING ORANG TUA ANAK USIA SEKOLAH SELAMA PEMBELAJARAN DARING DI SD 10 KOTA PALU. Healthy Tadulako Journal (Jurnal Kesehatan Tadulako), 10(1), 148-155. https://doi.org/10.22487/htj.v10i1.1093

Issue

Section

Articles