PERBEDAAN KEPUASAN PASIEN BPJS PADA INSTALASI RAWAT INAP KELAS III DI RUMAH SAKIT PEMERINTAH WIRABUANA PALU DENGAN RUMAH SAKIT SWASTA BUDI AGUNG PALU

Authors

  • Tirta Sari Putri Hutama Fakultas Kedokteran, Universitas Tadulako
  • Diah Mutiarasari Fakultas Kedokteran, Universitas Tadulako
  • Andi Nur Asrinawati Fakultas Kedokteran, Universitas Tadulako

DOI:

https://doi.org/10.22487/htj.v4i2.72

Keywords:

Kualitas pelayanan, kepuasan pasien

Abstract

Latar Belakang : Industri jasa pelayanan dalam masyarakat tidak terlepas dari persaingan antar pelakunya, contohnya rumah sakit. Rumah sakit pemerintah dan rumah sakit swasta merupakan salah satu bagian dari industri jasa pelayanan yang ada, namun citra dari rumah sakit daerah di mata masyarakat kurang baik dibandingkan dengan pelayanan kesehatan rumah sakit swasta. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan kepuasan pasien BPJS pada instalasi rawat inap kelas III di rumah sakit pemerintah Wirabuana Palu dan rumah sakit swasta Budi Agung Palu.
Metode : Penelitian ini merupakan penelitian observasi dengan pendekatan analitik, dengan membedakan kepuasan pasien berdasarkan dimensi SERVQUAL yang meliputi tangible, reliability, assurance, responsiveness dan emphaty pada dua jenis Rumah Sakit yang berbeda. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan metode purposive sampling, dengan memperhatikan kriteria inklusi dan eksklusi sehingga didapatkan 45 responden di rumah sakit pemerintah, dan 45 responden di rumah sakit swasta. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah kuesioner dengan menggunakan skala Likert. Data yang didapatkan kemudian diolah menggunakan data statistik dengan Mann-whitney test.
Hasil : Terdapat perbedaan kualitas pelayanan dalam dimensi Reliability didapatkan hasil nilai p = <0,05 yaitu 0,034 sedangkan kualitas pelayanan dalam dimensi Responshivness, Assurance, Emphaty, dan Tangible tidak terdapat perbedaan, dan hasil penelitian untuk kepuasan pasien tidak terdapat perbedaan pada kepuasan pasien pada rumah sakit pemerintah Wirabuana dan rumah sakit swasta Budi Agung Palu. Hal ini dibuktikan dengan nilai signifikansi p = 0,242 atau >0,05.
Kesimpulan : Tidak terdapat perbedaan pada kepuasan pasien pada rumah sakit pemerintah Wirabuana dan rumah sakit swasta Budi Agung Palu

Author Biographies

Tirta Sari Putri Hutama, Fakultas Kedokteran, Universitas Tadulako

Fakultas Kedokteran, Universitas Tadulako

Diah Mutiarasari, Fakultas Kedokteran, Universitas Tadulako

Fakultas Kedokteran, Universitas Tadulako

Andi Nur Asrinawati, Fakultas Kedokteran, Universitas Tadulako

Fakultas Kedokteran, Universitas Tadulako

References

Supartiningsih, S. Kualitas Pelayanan Kepuasan Pasien Rumah Sakit: Kasus Pada Pasien Rawat Jalan. JMMR Vol 6, No 1, 9-15; 2017. Available from URL: http://journal.umy.ac.id/index.php/mrs/article/view/2342

Mutiarasari D, Pinzon RT, Gunadi. Evaluasi Proses Pengembangan dan Penerapan Clinical Pathway Kasus Stroke Iskemik Akut di RS Anutapura Kota Palu. Berkala Ilmiah Kedokteran Duta Wacana. 2017; Vol.2 No.2:335-347. Available from URL: https://bikdw.ukdw.ac.id/index.php/bikdw/article/view/59/43

Hazfirini, A & Ernawati. Indeks Kepuasan Pasien BPJS Terhadap Pelayanan Rumah Sakit Mata Masyarakat Jawa Timur. JAKI Vol 4, No 2; 2016. Available from URL: https://ejournal.unair.ac.id/JAKI/article/view/3173/

Puspa, A.S. Pengaruh Kualitas Pelayanan Rumah Sakit Terhadap Kepuasan Pasien Pada Peserta Bpjs Kelas 3 Di RSU Anutapura Palu (Studi Kasus Pasien Peserta BPJS Yang Rawat Inap) Tahun 2016. 2016; [cited 2018 Jan 11]. Available from URL: http://lib.fkik.untad.ac.id/index.php?p=show_detail&id=2334

Hardi, J. Analisis Tingkat Kepuasan Pasien Umum Dan Pasien Jamkesmas Terhadap Mutu Pelayanan Rawat Inap Di Rsud Pasaman Barat Tahun 2010. Universitas Andalas. 2015; [cited 2018 Jan 11]. Available from URL:

http://repository.unand.ac.id/17291/

Karim, F.M. Perbedaan Tingkat Kepuasan Pasien Menggunakan Metode HCAHPS di Rumah Sakit Swasta dan Rumah Sakit Negeri di DIY. 2014; [cited 2018 Jan 04]. Available from URL: http://thesis.umy.ac.id/datapublik/t34256.pdf

Departemen Kesehatan R.I. Standar Pelayanan Minimal Rumah Sakit, Jakarta.2007.

Nasyrah., Darwis., Hasmin. Analisis Pengaruh Dimensi Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pasien Rawat Inap Di Rumah Sakit Bhayangkara Makassar. Jurnal Mirai Management, Vol 2, No 1;2017.

Mumu, L.J. Analisis Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Kepuasan Pasien Di Poliklinik Penyakit Dalam RSUP Prof. Dr.R. D. Kandou Manado. JIKMU, Vol 5, No.4; 2015. Available from URL: https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/jikmu/article/view/7460

Immas, H.A.P., Saryadi., Dewi, R.S. Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pasien Di Rumah Sakit Islam Kota Magelang. JIAB, Vol 2, No 3;2013. Available from URL: https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/jiab

/article/view/2992/2856

Berlianty, T., Alwy., dan Nurhayani. Analisis Loyalitas Pasien Berdasarkan Kualitas Pelayanan di Instalasi Rawat Inap RS. Bhayangkara Mappa Oudang Kota

Makassar Tahun 2013. Universitas Hasanuddin. 2013. Available from URL: http://repository.unhas.ac.id/handle/123456789/5688

Pangerapan, D.T., Labora, O.E., Palandeng., Rattu, J.M. Hubungan Antara Mutu Pelayanan Dengan Kepuasan Pasien Di Poliklinik Penyakit Dalam Rumah Sakit Umum GMIM Pancaran Kasih Manado. JKK, Vol 2, No 1; 2018. Available from URL: https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/jkk/article/view/18836/18386

Downloads

Published

2020-12-02

How to Cite

Sari Putri Hutama, T. ., Mutiarasari, D. ., & Nur Asrinawati, A. . (2020). PERBEDAAN KEPUASAN PASIEN BPJS PADA INSTALASI RAWAT INAP KELAS III DI RUMAH SAKIT PEMERINTAH WIRABUANA PALU DENGAN RUMAH SAKIT SWASTA BUDI AGUNG PALU. Healthy Tadulako Journal (Jurnal Kesehatan Tadulako), 4(2), 41-49. https://doi.org/10.22487/htj.v4i2.72

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)