GIANT HERNIA INSISIONAL : LAPORAN KASUS

Authors

  • Syahraeni Reni Palu
  • Agung Kurniawan
  • Muhammad Ardi Munir

Keywords:

Giant hernia insisional, Komplikasi, TAR.

Abstract

Pendahuluan : Giant hernia insisional memiliki insidensi yang variatif  dengan perkiraan kejadian 2-20% pada kebanyakaan kasus pasca laparotomi midline. Sering disebabkan oleh penyembuhan luka yang buruk. Hernia cenderung tumbuh dalam ukuran yang lebih besar dan kompleks, oleh karena itu penanganannya menjadi prioritas yang harus dilakukan untuk mencegah terjadinya komplikasi seperti defek, obstruksi, ulserasi kulit dan masalah pernafasan.

Laporan kasus : Laporan ini memaparkan kasus pasien laki-laki berusia 79 tahun masuk RS dengan keluhan adanya benjolan pada daerah bekas operasi di perut sejak  7 bulan yang lalu, Benjolan tersebut timbul ketika pasien batuk, mengedan, saat pasien posisi membungkuk, duduk, berdiri. Benjolan menghilang ketika pasien berbaring. Pasien mengatakan nyeri dan gatal di sepanjang luka bekas jahitan operasi hilang timbul . BAK dan BAB lancar. Pasien memiliki riwayat operasi laparotomy pada bulan November 2021.

Kesimpulan : Giant hernia insisional merupakan kompliksi yng sering terjadi pasca laparotmi yang dapat menyebabkan komplikasi berupa defek, obstruksi, ulserasi kulit dan masalah pernafasan. Namun dengan rekonstruksi metode Transversus abdominis muscle release efektif dalam rekonstruksi defek yang sangat luas.

Downloads

Published

2024-04-20

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>