ULKUS DEKUBITUS ET CAUSA KARSINOMA MAMMAE: LAPORAN KASUS

Authors

  • AisyiahSarahditaSaid
  • Ibrahim Kamarullah
  • Tri Setyawati

Keywords:

Ulkus dekubitus, karsinoma mammae, etraparese, mastektomi radikal modifikasi

Abstract

Latar Belakang:Ulkus dekubitus, juga biasa dikenal sebagai luka tekan, ulkus tekan atau luka baring, adalah jenis luka kronis yang banyak terjadi di kalangan lansia, pasien yang terbaring di tempat tidur dan kursi roda, atau pasien yang sedang dalam perawatan jangka panjang dirumah sakit. Secara umum, penyebab ulkus dekubitus dapat dibagi menjadi dua faktor: faktor ekstrinsik dan intrinsik.Laporan kasus ini dibuat karena pasien ini awalnya di diagnosis dengan karsinoma mammae sejak september 2018, kemudian pasien mulai mengeluhkan adanya luka di area bokong yang dirasakan sejak 4 bulan yang lalu, sehingga timbul ketertarikan untuk melaporkan kasus ini untuk memberikan gambaran dan mengetahui cara mendiagnosis mulai dari anamnesis, pemeriksaan fisik, pemeriksaan penunjang hingga

penatalaksanaannya.
Ringkasan Kasus:Pasien perempuan berusia 51 tahun masuk rumah sakit dengan keluhan luka di area bokong yang dirasakan sejak 4 bulan yang lalu. Riwayat penyakit terdahulu pasien memiliki riwayat kelemahan dianggota gerak bagian bawah sejak bulan September 2018. Pada bulan Februari 2019 pasien di diagnosis mengalami invasive ductal carcinoma mammae dextra. Pada bulan April 2019, pasien melakukan oprasi Masektomi Radikal Modifikasi pada payudara kanan.
Kesimpulan:Pasien dengan perawatan jangka panjang dirumah sakit merupakan faktor risiko terjadinya ulkus dekubitus. Secara keseluruhan tidak ada faktor tunggal yang dapat menjelaskan risiko terjadinya ulkus dekubitus, melainkan faktor yang kompleks yang meningkatkan kemungkinan pengembangan ulkus dekubitus. Dimana dalam laporan kasus ini sebelumnya pasien telah di diagnosis karsinoma mammae. Pada karsinoma mammae perasaan sakit jarang terjadi dan baru muncul pada tingkat pertumbuhan yang lanjut. Karsinoma mammae dapat bermetastasis dengan penyebaran langsung kejaringan sekitarnya, dan juga melalui saluran limfe dan aliran darah. Adapun pemeriksaan penunjang yang telah dilakukan pada pasien yaitu biopsi yang selanjutnya dilakukan pemeriksaan histopatologi pada jaringan tumor dan kelenjar getah bening didapatkan gambaran sel-sel metastasis.

Downloads

Published

2021-06-28

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 > >>