THE RECURRENT OF FIBROSARCOMA IN DELTOID SINISTRA OF A MAN 61 YEAR OLD

Authors

  • Tirza Glady Rengkung
  • Muhammad Ardi Munir
  • Roberthy David Maelissa

Keywords:

sarcoma jaringan lunak, fibrosarcoma

Abstract

Latar Belakang Fibrosarkoma adalah tumor asal sel mesenkim yang dapat terjadi sebagai massa jaringan lunak dan yang berbahaya yaitu fibrosarkoma sekunder. Pasien yang tidak melakukan tindakan terapi apapun akan memberikan prognosis buruk. Meskipun pilihan pembedahan dapat menyebabkan rekurensi. Beberapa komplikasi pasca pembedahan, yaitu infeksi superfisial, dehisensi luka, dan seroma. Lainnya mengalami komplikasi limfa edema, trombosis, fistula, hematoma, dan fraktur femoral. Pasien lainnya berakhir dengan hasil fungsional yang buruk, tendon pecah setelah rekonstruksi di tangan, sehingga menghasilkan skor malignant soft tissue sarcoma yang buruk(1). Dapat

dilakukan amputasi pada pasien yang telah mengalami metastasis.
Kasus Pasien 61 tahun masuk Rumah Sakit UNDATA dengan keluhan benjolan pada lengan atas sebelah kiri yang dirasakan sejak 6 bulan yang lalu. Benjolan tidak terasa nyeri, tidak ada keterbatasan gerakan. Pasien ada riwayat keluhan yang sama 10 tahun yang lalu dan telah dioperasi. Pemeriksaan status lokalis: regio deltoid sinistra, tampak massa berbatas tegas. Pada palpasi, teraba massa padat, bernodul, batas tegas, sulit digerakkan dan tidak ada nyeri tekan. Pada pemeriksaan Histopatologi; Histopatologi: Fibrosarcoma soft tissue low grade. Terapi pada fibrosarcoma meliputi terapi pembedahan untuk reseksi tumor.
Kesimpulan Pasien ini telah menderita keluhan yang sama 10 tahun lalu dan telah menjalani proses pembedahan. Tetapi pasien kembali mengalami keluhan serupa. Dimana hasil penelitian dari Dangoor et al dan Nystorm mengatakan bahwa tingkat rekurensi pada pasien sarcoma dapat terjadi ketika dilakukan pembedahan marginal. Tetapi proses pembedahan harus tetap dilakukan untuk meningkatkan harapan hidup pasien dan memberi prognosis yang baik bagi pasien.

Downloads

Published

2021-07-07

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>