LAPORANKASUS : TATALAKSANA KEHAMILAN EKTOPIK ADALAH SALPHINGEKTOMI TUBA SINISTRA DAN TUBEKTOMI BILATERAL

Authors

  • Chicy Cintya
  • Wulan Sumardji
  • Muh Ardi Munir

Keywords:

Salphingektomi tuba sinistra dan Tubektomi bilateral , Kehamilan Ektopik Tergangu

Abstract

Latar Belakang: Kehamilan ektopik merupakan kehamilan yang berimplantasi dan berkembang di luar tempat yang biasa. Biasanya peristiwa implantasi zigot terjadi di dalam rongga rahim tetapi bukan pada serviks dan kornu. Apabila pada kehamilan ektopik terjadi abortus atau pecah, dalam hal ini dapat berbahaya bagi wanita hamil tersebut maka kehamilan ini disebut kehamilan ektopik terganggu.kehamilan ektopik terganggu bisa terjadi karena beberapa sebab misalnya Infeksi dan kerusakan tuba, Salpingitis isthmica nodosa, Kelainan zigot, Faktor ovarium, Merokok dan Penggunaan hormon progesteron .Tatalaksana untuk kehamilan ektopik dengan cara laparotomi ataupun laparoskopi. Laparotomi diindikasikan pada kondisi hemodinamik pasien yang tidak stabildengan tindakan salphingektomi tuba sinistra dan tubektomi bilateral dikarenakan pada pasien mengalami kehamilan ektopik terganggu.

Laporan Kasus: Pasien perempuan 30 tahun masuk tanggal 30-05-2018 dengan GIXP5A3 gravid 8-9 minggu masuk dengan keluhan keluar darah dari vagina sejak 2 hari yang lalu. Darah yang keluar bewarna merah segar, sedikit menggumpal. Pasien juga mengeluhkan nyeri bagian bawah perut, pusing, mual dan sempat muntah 2 kali sebelum tiba di Rumah Sakit Anutapura. Keluhan dirasakan sejak 2 minggu Sebelum Masuk Rumah Sakit. Pasien mengaku sejak hamil sering diurut didukun dan pernah minum obat penggugur kandungan saat kehamilan sebelumnya.

Prosedur Tindakan: dilakuan pembedahanlaporatomi dengan tindakan salphingektomi tuba sinistra dan tubektomi bilateral

Kesimpulan:Kehamilan Ektopik terganggu merupakan salah satu keadaan emergensi yang memerlukan tatalaksana segera, Karena apabila terlambat diketahui akan membahayakan nyawa ibu danjanin yang seharusnya tumbuh dan berkembang di rahim ternyata tumbuh di tempat yang bukan semestinya, yaitu di saluran tuba falopii, kornu (tanduk rahim), atau bahkan di dalam rongga perut. Penilaian kehamilan ektopik secara klinis mempunyai tiga trias yaitu Amenorea, nyeri abdomen dan perdarahan sehingga dapat menentukan pemilihan tindakan yang akan dilakukan ditunjang dengan penunjang diagnostik yaitu gambaran ultrasonografi.Tatalaksana untuk kehamilan ektopik terganggu ini dapat dilakukan laparatomi dengan tindakan salphingektomi tuba sinistra dan tubektomi bilateral

Downloads

Published

2022-12-20

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>