KATARAK SENILIS IMATUR PADA DIABETES MELITUS : LAPORAN KASUS

Authors

  • Fajar Abubakar Sanusi FK UNTAD
  • Neneng Helijanti
  • Muhammad Ardi Munir

Keywords:

Katarak senilis, , Diabetes Mellitus, Faktor Resiko, Tatalaksana

Abstract

Pendahuluan : Diabetes militus merupakan penyakit sistemik kronik yang dapat menyebabkan banyak komplikasi, salah satunya kekeruhan pada lensa. Katarak adalah setiap kekeruhan yang terjadi pada lensa dan penyebab kebutaan di dunia. Pemecahan glukosa didalam lensa pada kondisi diabetes militus yaitu melalui jalur poliol, namun  pada kondisi ini kadar enzim  Polyol Dehidrogenase menjadi  rendah,  sehingga  sorbitol menumpuk dilensa, menarik cairan masuk lensa dan merusak struktur lensa. Pasien katarak dengan diabetes militus memiliki ancaman gangguan penglihatan lain seperti, retinopati, dan posterior capsul opafication.

Laporan kasus : Laporan ini memaparkan kasus pasien wanita usia 52 tahun dengan keluhan penglihatan kedua mata menjadi kabur sejak  + 7 bulan yang lalu disertai dengan pandangan menjadi silau. Pasien memiliki riwayat diabetes dan rutin mengonsumsi obat anti hiperglikemi.

Kesimpulan : Pembedahan  menjadi pilihan utama dalam pengobatan katarak. pengelolaan dan pemantauan pasca operasi yang baik dapat mengurangi komplikasi pada katarak yang disertai diabetes melitus

 

Downloads

Published

2023-09-22

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>