GASTRITIS : LAPORAN KASUS

Authors

  • dinda kemala FK UNTAD
  • Elli Yane Bangkele
  • M.Sabir
  • Ria Sulistiana

Abstract

Pendahuluan : Gastritis dapat bersifat akut, kronis, lokal, atau difus, adalah peradangan pada mukosa lambung yang disebabkan oleh infeksi Helicobacter pylori. Kebiasaan makan yang tidak tepat, faktor psikologis dan kecemasan, usia, dan merokok adalah beberapa faktor risiko yang sering menyebabkan gastritis. Risiko gastritis juga sering disebabkan oleh stres. Tujuan utama artikel ini adalah untuk menentukan faktor risiko gastritis dan membahas pengobatan dan pencegahannya.

Laporan kasus : Seorang pasien wanita, 51 tahun, mengeluh sakit ulu hati dua hari sebelum datang ke Poliklinik Dewasa UPTD Puskesmas Tawaeli. Beberapa kali sehari, mengalami mual dan muntah. Pasien juga merasa lemas dan sakit kepala yang dimulai kurang lebih 1 hari yang lalu. Pasien sering makan tidak menentu dan sering mengkonsumsi makanan pedas dan berbahan dasar kelapa serta bersantan. Diperoleh saat pemeriksaan fisik dengan palpasi :  nyeri epigastrium perut (+).

Kesimpulan : Gastritis masih menempati posisi kedua untuk Sepuluh Penyakit Terbanyak di UPTD Puskesmas Tawaeli. Terdapat beberapa faktor yang menyebabkan terjadinya Gastritis pada pasien yaitu : Faktor perilaku dan faktor lingkungan. Faktor yang dominan menyebabkan kejadian gastritis pada kasus yaitu faktor perilaku

Downloads

Published

2023-09-22

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)