BACTERIAL IDENTIFICATION ON ESCALATOR HANDRAIL IN SHOPPING MALLS IN PALU

Authors

  • Haerani Harun Universitas Tadulako
  • Deri Ezra Sibarani Program Studi Kedokteran, Fakutas Kedokteran, Universitas Tadulako
  • Andi Nur Asrinawaty Departemen Mikrobiologi Fakultas Kedokteran, Universitas Tadulako
  • Budi Dharmono Tulaka SMF Ilmu Penyakit Dalam, Fakultas Kedokteran, Universitas Tadulako

Keywords:

Identifikasi bakteri, pegangan eskalator, pusat perbelanjaan

Abstract

Latar Belakang: Eskalator merupakan konveyer yang banyak digunakan untuk transportasi terutama dalam gedung besar. Kontak eskalator dengan manusia menyebabkan tertinggalnya jejak kuman termasuk bakteri pada pegangan eskalator yang berpotensi berpindah ke orang lain. Identifikasi bakteri pada pegangan eskalator diperlukan untuk menentukan potensi patogen yang dapat menyebabkan penyakit pada manusia.

Tujuan: Mengidentifikasi jenis bakteri pada pegangan eskalator di pusat perbelanjaan di kota palu  

Metode: Penelitian merupakan penelitian observasional deskriptif dengan pengambilan sampel dengan cara total sampling. Sampel diambil dari pegangan eskalator di pusat perbelanjaan yang ada di kota palu.

Hasil: Hasil kultur bakteri didapatkan 22% Staphylococcus aureus, 14% Serratia marcescens, 12% Escherichia coli, 12% Serratia sp, 8% Klebsiella sp, 4% Staphylococcus epidermidis, 4%  Proteus sp, 4% Proteus penneri.

Downloads

Published

2024-03-29

How to Cite

Harun, H., Sibarani, D. E. ., Asrinawaty, A. N., & Tulaka, B. D. (2024). BACTERIAL IDENTIFICATION ON ESCALATOR HANDRAIL IN SHOPPING MALLS IN PALU . Medika Tadulako: Jurnal Ilmiah Kedokteran Fakultas Kedokteran, 9(1), 33-39. Retrieved from https://jurnal.fk.untad.ac.id/index.php/mtj/article/view/1215

Issue

Section

Articles