RASIO MONOSIT LIMFOSIT PADA PASIEN COVID-19

Authors

  • Haerani Harun Universitas Tadulako
  • Aji Saptawinata Program Studi Kedokteran, Fakutas Kedokteran, Universitas Tadulako
  • Vera Diana Towidjojo Departemen Parasitologi, Fakultas Kedokteran, Universitas Tadulako
  • Sarifuddin Anwar SMF Pulmonologi dan Kedokteran, Fakultas Kedokteran, Universitas Tadulako

Keywords:

Covid-19, Monosit, Limfosit, Rasio Monosit Limfosit

Abstract

Latar belakang : Savere acute respiartory syndrome-corona virus 2 (SARS-CoV2) merupakan virus yang memiliki gejala sama seperti SARS dan MERS yang dapat menyerang manusia dengan melibatkan sistem kekebalan tubuh (Limfosit T, Limfosit B dan Monosit), sehingga perlu dilakukan analisis Rasio Monosit Limfosit yang memiliki nilai prognostik dalam menentukan kasus yang parah.

Tujuan : Tujuan penelitian ini adalah untuk membandingkan Rasio Monosit Limfosit pada pasien COVID-19 PCR Positif dan PCR Negatif.

Metode : Penelitian ini menggunakan desain penelitian Observasional analitik yang mengambil data sekunder, subjek pada penelitian ialah pasien suspek COVID-19 yang selanjutnya dibagi dalam 2 kelompok (PCR Positif dan PCR Negatif) dengan jumlah responden 30 orang dalam 1 kelompok.

Hasil : Hasil penelitian didapatkan hitung jenis monosit lebih rendah pada pada kelompok PCR Positif dibandingkan PCR Negatif (p<0,03)  dan terdapat peningkatan bermakna MLR  (p=0,005) pada kelompok PCR Positif diabndingkan PCR Negatif. MLR pada kelompok PCR positif lebih tinggi dibandingkan kelompok PCR negatif

Downloads

Published

2024-03-29

How to Cite

Harun, H., Saptawinata, A., Towidjojo, V. D., & Anwar, S. (2024). RASIO MONOSIT LIMFOSIT PADA PASIEN COVID-19. Medika Tadulako: Jurnal Ilmiah Kedokteran Fakultas Kedokteran, 9(1), 60-68. Retrieved from https://jurnal.fk.untad.ac.id/index.php/mtj/article/view/1263

Issue

Section

Articles