PENINGKATAN PENGETAHUAN DAN PRAKTIK KEBERSIHAN ANAK SEKOLAH DASAR: EVALUASI AKHIR PROGRAM MEMBACA II DI NUSA TENGGARA TIMUR
DOI:
https://doi.org/10.22487/mtj.v7i1.605Keywords:
Proyek MEMBACA II, CTPS, UKSAbstract
Penelitian ini merupakan bagian dari evaluasi akhir proyek MEMBACA II di
Kabupaten Kupang, Indonesia. Proyek MEMBACA II merupakan proyek yang
dikerjakan sejak tahun 2017 hingga tahun 2020 oleh Save The Children Indonesia
yang bertujuan untuk meningkatkan hasil literasi anak dan partisipasi masyarakat
dalam memberikan pendidikan dasar yang berkualitas. Penelitian ini melaporkan
hasil dari pengetahuan dan praktik kebersihan perseorangan pada anak-anak
akibat dari pelaksanaan proyek ini. Sebanyak 31 peserta (misalnya guru, kepala
sekolah, kepala desa, pengawas sekolah, staf pelaksana) diwawancarai melalui
telepon dalam penelitian ini, dan wawancara direkam dan ditranskripsikan.
Analisis tematik transkripsi dikombinasikan dengan analisis dokumen
pemantauan proyek untuk memberikan hasil yang menyeluruh dan komprehensif.
Analisis menunjukkan bahwa proyek ini telah berhasil meningkatkan
keterampilan literasi anak secara keseluruhan, lebih khusus lagi dalam
meningkatkan pengetahuan dan praktik kebersihan siswa dan masyarakat.
Mencuci tangan telah menjadi kebiasaan baru bagi anak-anak, dan telah terbukti
bermanfaat di masa pandemi COVID-19 di tahun 2020. Aktivitas dokter kecil
dianggap berhasil sebagai pendekatan untuk mendorong anak-anak
mempraktikkan perilaku kebersihan. Namun, ditemukan juga bahwa perubahan
perilaku kebersihan tidak signifikan dan masih membutuhkan lebih banyak
pekerjaan dan waktu untuk melanjutkan proses perubahan perilaku. Berdasarkan
hasil tersebut, disarankan bagi pemerintah daerah dan pemangku kepentingan
terkait lainnya untuk melanjutkan kegiatan utama yang sekarang telah terbukti
efektif seperti dokter kecil, dan pelatihan untuk guru.