TINGKAT KEPUASAN MAHASISWA TERHADAP PEMBELAJARAN CLINICAL SKILL LABORATORY (CSL) SECARA ONLINE PADA MAHASISWA TINGKAT AKHIR FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS TADULAKO
Keywords:
COVID-19, Kuliah daring, Clinical Skill Laboratory (CSL), tingkat kepuasanAbstract
Pandemi COVID-19 juga berdampak pada sektor pendidikan. Pemerintah
menetapkan kebijakan pembelajaran daring, sehingga kegiatan pendidikan
tetap terlaksana termasuk kegiatan Clinical Skill Laboratory (CSL).
Pelaksanaan kegiatan CSL secara daring akan berdampak pada tingkat
kepuasan yang dirasakan oleh mahasiswa. Tujuan penelitian adalah untuk
mengetahui tingkat kepuasan mahasiswa terhadap pembelajaran CSL secara
daring pada mahasiswa tingkat akhir Fakultas Kedokteran Universitas
Tadulako. jenis penelitian adalah deskriptif kuntitatif menggunakan sampel
sebanyak 89 responden. Instrumen penelitian menggunakan kuesioner. Hasil
penelitian menunjukkan tingkat kepuasan mahasiswa pada indikator instruktur
sebesar 2,33 (tidak puas), indikator fasilitas atau peralatan sebesar 2,78 (puas),
indikator sistem pembelajaran sebesar 2,46 (tidak puas). Tingkat kepuasan
mahasiswa berdasarkan indikator instruktur dan sistem pembelajaran CSL
secara daring berada dalam kategori tidak puas sedangkan indikator
fasilitas/peralatan berada dalam kategori puas.