HUBUNGAN KEPERCAYAAN DIRI DALAM KEMAMPUAN KOMUNIKASI PADA METODE PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING MAHASISWA KEDOKTERAN UNIVERSITAS TADULAKO
DOI:
https://doi.org/10.22487/htj.v5i1.111Keywords:
Kepercayaan diri, Kemampuan komunikasi, Problem Based LearningAbstract
Latar Belakang: Pada saat ini seorang dokter dituntut untuk memiliki berbagai macam keterampilan untuk dapat berkomunikasi dengan baik kepada pasien. Menurut SKDI terdapat 7 area kompetensi yang harus dimiliki oleh seorang dokter di Indonesia, dengan urutan sebagai berikut: profesionalitas yang luhur, mawas diri dan pengembangan diri, komunikasi efektif, pengelolaan informasi, landasan ilmiah ilmu kedokteran, keterampilan klinis dan pengelolaan masalah kesehatan. Berdasarkan hal tersebut di ketahui bahwa seorang dokter harus memiliki keterampilan komunikasi yang efektif. Rasa percaya diri juga memiliki hubungan yang sangat erat dengan kemampuan seseorang dalam berkomunikasi. Dalam pendidikan kedokteran yang menggunakan metode pembelajaran PBL, rasa percaya diri sangat dibutuhkan oleh individu. Tujuan: Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui hubungan kepercayaan diri dengan kemampuan komunikasi dalam metode pembelajaran problem based learning pada mahasiswa tahun kedua program studi kedokteran universitas tadulako. Metode: Jenis rancangan penelitian ini dilakukan dengan menggunakan desain penelitian observasional analitik dengan pendekatan cross-sectional (potong lintang). Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah Total Sampling yang terdiri dari 55 mahasiswa kedokteran untad tahun kedua. Hasil: Berdasarkan 55 sampel yang diteliti, terdiri dari 16 responden berjenis kelamin laki-laki dan 39 responden berjenis kelamin perempuan. Hasil uji statistik menggunakan Gamma diperoleh nilai p = 0,372. Kesimpulan: Tidak terdapat hubungan tingkat kepercayan diri dengan kemampuan komunikasi dalam metode pembelajran Problem Based Learning pada mahasiswa tahun kedua program studi kedokteran universitas tadulako.
References
Konsil Kedokteran Indonesia. Standar Kompetensi Dokter Indonesia. Jakarta. 2012
Lidinilah. Pembelajaran Berbasis Masa-lah. Universitas Pendidikan Indonesia. Bandung. 2009.
Giri M. Kemampuan Komunikasi Efektif Dunia Pendidikan Kedokteran dengan Pendekatan Scientific sebagai Bahan Refleksi Implementasi Kurikulum 2013. 2013.
Gemayangsura. Hubungan Kepercayaan Diri dengan Kemampuan Komunikasi Pada Mahasiswa Kedokteran Univarsitas Lampung. Skripsi; Lampung; 2016.
Haque Q. Hubungan Konsep Diri dengan Kepercayaan Diri Siswa Berprestasi Kelas VIII SMP Negri 2 Sukowono. Skripsi; Surabaya; 2015.
Rewah AK, Palandeng H, Bawotong J. Hubungan Kepercayaan Diri Dengan Komunikasi Interpersonal Pada Maha-siswa Angkatan 2013 Program Studi Ilmu Keperawatan Universitas Sam Ratulangi Manado. 2012.
Tuan N, Mai T. Factors Affecting Students’s Speaking Performance at Le Thanh Hien High School. 2015.
Latief I, Abbas, Nurhayati, Ismail Y. Hubungan Kepercayaan Diri dengan Kemampuan Komunikasi Matematika Siswa Studi Penelitian di Kelas VIII SMP Negeri 1 Tilongkabila. Skripsi; Gorontalo; 2014.