HUBUNGAN MOTIVASI BERPRETASI TERHADAP PRESTASI AKADEMIK MAHASISWA KEDOKTERAN UNIVERSITAS TADULAKO

Authors

  • Indah Puspasari Kiay Demak Unit Pendidikan Kedokteran, Fakultas Kedokteran Universitas Tadulako
  • Anugrah Putra Gemilang Program Studi Kedokteran, Fakultas Kedokteran Universitas Tadulako
  • Gina Andyka Hutasoit Bagian Patologi Anatomi, Fakultas Kedokteran Universitas Tadulako

DOI:

https://doi.org/10.22487/htj.v5i2.117

Keywords:

Belajar, Motivasi Berpretasi, Prestasi Akademik

Abstract

Motivasi adalah kekuatan dari dalam diri individu yang menggerakan dan mengarahkan atau
membawa tingkah laku ke tujuan.Sedangkan prestasi akademik adalah penguasaan pengetahuan
ketrampilan terhadap mata pelajaran yang dibuktikan melalui tes. Melihat banyaknya mahasiswa
sering mengalami kegagalan dalam ujian praktikum ataupun ujian blok sehingga menyebabkan terjadi
penurunan motivasi untuk belajar pada blok - blok selanjutnya. Penelitian ini menggunakan desain
cross-sectional.Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling dengan jumlah
sampel 56 mahasiswa kedokteran tahun pertama Universitas Tadulako. Instrumen yang digunakan
adalah kuesioner dan transkrip nilai. Analisis menggunakan ujiSpearman Test. Hasil uji Spearman
Test menunjukkan nilai p = 0,226. Artinya, tidak terdapat hubungan yang signifikan antara motivasi
berprestasi terhadap prestasi akademik pada mahasiswa Program Studi Kedokteran Tahun pertama
Fakultas Kedokteran dan Universitas Tadulako. Tidak terdapat hubungan yang signifikan anatara
motivasi berprestasi terhadap prestasi akademik.

Author Biographies

Indah Puspasari Kiay Demak, Unit Pendidikan Kedokteran, Fakultas Kedokteran Universitas Tadulako

Fakultas Kedokteran Universitas Tadulako

Anugrah Putra Gemilang, Program Studi Kedokteran, Fakultas Kedokteran Universitas Tadulako

Fakultas Kedokteran Universitas Tadulako

Gina Andyka Hutasoit, Bagian Patologi Anatomi, Fakultas Kedokteran Universitas Tadulako

Fakultas Kedokteran Universitas Tadulako

References

Slameto.Belajar dan faktor-faktor yang

mempengaruhinya. Jakarta. PT Rineka

Pers. 2008.

Dahar. Teori-teori belajar. Jakarta :

Erlangga. 2008.

Djamarah. Psikologi pendidikan. Jakarta :

PT Rineka Cipta. 2008.

Suprijono. Psikologi belajar dan mengajar.

Bandung : Sinar Baru. Bandung.

Chou P. Exploratory study of the

relationship between self-directed learning

and academic performance in a webbassed

learning environment. Online

Journal of Distance Learning

Administration, 2009: 1-10.

Suryabrata. Psikologi pendidikan. Jakarta :

Rajawali Pers. 2010.

Pajares F. Role of self-efficacy and selfconcept

beliefs in mathematical problem

solving : a path analysis. Journal of

Education Psychology, 2008: 193-203.

Priyatmojo A. Evaluasi hasil pembelajaran

mahasiswa. Yogyakarta : Pusat

Pengembangan Pendidikan Universitas

Gadjah Mada. 2008.

Ninawati. Hubungan antara motivasi

dengan prestasi kerja karyawan. Jurnal

Psikologi Universitas Tarumanegara, 2011

: 75-90.

Istiadi Y. Faktor-faktor yang dianggap

sebagai prediktor terhadap motivasi

Mahasiswa Dalam Bangku Perkulihan.

Jurnal Pendidikan Kedokteran, 2012: 56-

Setyoko. Faktor-faktor yang dapat

meningkatakan prestasi belajar seseorang.

Jurnal Psikologi Universitas Indonesia,

: 1-12.

Ahmadi A. Psikologi Belajar. Jakarta : PT

Rineka Cipta. 2013.

Dalyono. Psikologi pendidikan. Jakarta :

Erlangga. 2008

Rustanto R. Faktor-faktor yang

mempengaruhi motivasi belajar demi

mencapai performa akademik yang baik

dikalangan mahasiswa. Jurnal Psikologi

Universitas Katolik Soegijapranata, 2009 :

-12

Nurhafitah. Hubungan toleransi stres

dengan indeks prestasi mahasiwa tingkat

pertama. Fakultas Kedokteran Universitas

Riau, 2013 : 1-11

Downloads

Published

2020-12-05

How to Cite

Puspasari Kiay Demak, I. ., Putra Gemilang, A. ., & Andyka Hutasoit, G. . (2020). HUBUNGAN MOTIVASI BERPRETASI TERHADAP PRESTASI AKADEMIK MAHASISWA KEDOKTERAN UNIVERSITAS TADULAKO. Healthy Tadulako Journal (Jurnal Kesehatan Tadulako), 5(2), 29-34. https://doi.org/10.22487/htj.v5i2.117

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)