HUBUNGAN MOTIVASI BERPRETASI TERHADAP PRESTASI AKADEMIK MAHASISWA KEDOKTERAN UNIVERSITAS TADULAKO
DOI:
https://doi.org/10.22487/htj.v5i2.117Keywords:
Belajar, Motivasi Berpretasi, Prestasi AkademikAbstract
Motivasi adalah kekuatan dari dalam diri individu yang menggerakan dan mengarahkan atau
membawa tingkah laku ke tujuan.Sedangkan prestasi akademik adalah penguasaan pengetahuan
ketrampilan terhadap mata pelajaran yang dibuktikan melalui tes. Melihat banyaknya mahasiswa
sering mengalami kegagalan dalam ujian praktikum ataupun ujian blok sehingga menyebabkan terjadi
penurunan motivasi untuk belajar pada blok - blok selanjutnya. Penelitian ini menggunakan desain
cross-sectional.Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling dengan jumlah
sampel 56 mahasiswa kedokteran tahun pertama Universitas Tadulako. Instrumen yang digunakan
adalah kuesioner dan transkrip nilai. Analisis menggunakan ujiSpearman Test. Hasil uji Spearman
Test menunjukkan nilai p = 0,226. Artinya, tidak terdapat hubungan yang signifikan antara motivasi
berprestasi terhadap prestasi akademik pada mahasiswa Program Studi Kedokteran Tahun pertama
Fakultas Kedokteran dan Universitas Tadulako. Tidak terdapat hubungan yang signifikan anatara
motivasi berprestasi terhadap prestasi akademik.
References
Slameto.Belajar dan faktor-faktor yang
mempengaruhinya. Jakarta. PT Rineka
Pers. 2008.
Dahar. Teori-teori belajar. Jakarta :
Erlangga. 2008.
Djamarah. Psikologi pendidikan. Jakarta :
PT Rineka Cipta. 2008.
Suprijono. Psikologi belajar dan mengajar.
Bandung : Sinar Baru. Bandung.
Chou P. Exploratory study of the
relationship between self-directed learning
and academic performance in a webbassed
learning environment. Online
Journal of Distance Learning
Administration, 2009: 1-10.
Suryabrata. Psikologi pendidikan. Jakarta :
Rajawali Pers. 2010.
Pajares F. Role of self-efficacy and selfconcept
beliefs in mathematical problem
solving : a path analysis. Journal of
Education Psychology, 2008: 193-203.
Priyatmojo A. Evaluasi hasil pembelajaran
mahasiswa. Yogyakarta : Pusat
Pengembangan Pendidikan Universitas
Gadjah Mada. 2008.
Ninawati. Hubungan antara motivasi
dengan prestasi kerja karyawan. Jurnal
Psikologi Universitas Tarumanegara, 2011
: 75-90.
Istiadi Y. Faktor-faktor yang dianggap
sebagai prediktor terhadap motivasi
Mahasiswa Dalam Bangku Perkulihan.
Jurnal Pendidikan Kedokteran, 2012: 56-
Setyoko. Faktor-faktor yang dapat
meningkatakan prestasi belajar seseorang.
Jurnal Psikologi Universitas Indonesia,
: 1-12.
Ahmadi A. Psikologi Belajar. Jakarta : PT
Rineka Cipta. 2013.
Dalyono. Psikologi pendidikan. Jakarta :
Erlangga. 2008
Rustanto R. Faktor-faktor yang
mempengaruhi motivasi belajar demi
mencapai performa akademik yang baik
dikalangan mahasiswa. Jurnal Psikologi
Universitas Katolik Soegijapranata, 2009 :
-12
Nurhafitah. Hubungan toleransi stres
dengan indeks prestasi mahasiwa tingkat
pertama. Fakultas Kedokteran Universitas
Riau, 2013 : 1-11